Sukses

Tokoh Ini Idola Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Siapa tokoh idola Menteri Kelautan dan Perikanan yang nyentrik Susi Pudjiastuti?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin kita akan kaget dengan penuturan Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru Susi Pudjiastuti bila dia mengidolakan satu tokoh yang berperut gendut, berjambul dan gemar kentut, dialah Semar.

Dalam perbincangan dengan Rhenald Kasali di sebuah acara televisi, jauh sebelum wanita asal Pangandaran, Jawa Barat ini dipilih menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo, Susi menuturkan bahwa tokoh pewayangan ini memiliki sifat yang dia sukai.

"Semar itu sebuah gambaran kebijaksanaan, kegetiran yang dibungkus dalam kelucuan dan kesederhanaan. Kalau kita lihat falsafah hidup, cara menghadapi prahara, cara mengasuh anak-anaknya, dia sangat bijak. Dia itu simpel dan lucu. Sehingga kesulitan dunia itu menjadi mudah dimengerti."ujar Susi.

Susi mengakui bahwa memang dari kecil gemar menonton wayang. Jadi, tak heran bila tokoh-tokoh wayang dikenalinya dengan baik. 

Susi Pudjiastuti yang lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 adalah pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti.

Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.