Sukses

Satu Lagi Jemaah Haji Asal Bantul Diduga Terinfeksi Flu Burung

Usai menunaikan ibadah haji seorang jamaah asal Bantul K (95) langsung dibawa ke Rumah Sakit RSUP Sardjito diduga kena flu burung

Liputan6.com, Jakarta Usai menunaikan ibadah haji seorang jamaah asal Bantul K (95) langsung dibawa ke Rumah Sakit RSUP Sardjito. Pasalnya K mengalami panas tinggi dan sesak napas. Takut terkena penyakit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS - Cov) yang sedang melanda daerah pelaksanaan ibadah haji, keluarga lalu membawa K ke Sardjito.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru RS Sardjito, Sumardi mengatakan satu orang dari Bantul terkena gejala penyakit seperti MERS-Cov. Namun ia menegaskan penyakit yang diidap K masih berupa gejala atau Suspect MERS Cov. "Itu lain. Kalo Mers-Cov bukan seperti itu. Sementara suspect saja," ujar Sumardi kepada liputan6.com Kamis (30/10/2014).

K diperiksa pada Senin (27/10) malam. Sumardi mengatakan pasien saat ini dalam kondisi stabil. Pasien berada dalam ruang isolasi Melati 5 RSUP Sardjito Yogyakarta. "Stabil sekarang di ruang isolasi," ujwrnya.

Sumardi menjelaskan saat ini pihak rumah sakit masih mengawasi kondisi pasien. Pemberian obat-obatan standar penganganan virus dan perkembangan kesehatan terus dicatat oleh rumah sakit. "Masih dalam pengawasan kita," ujwrnya.

Pihak RS mengimbau kepada jemaah haji yang baru pulang untuk memeriksakan diri untuk mengantisipasi penyakit serupa.  (Fathi mahmud)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini