Sukses

Minum Susu Tidak Selalu Menguatkan Tulang?

Sebuah penelitian justru menunjukkan bahwa meminum banyak susu dapat menyebabkan patah tulang.

Liputan6.com, Jakarta Susu adalah sumber kalsium yang baik. Sebagaimana diketahui, mengonsumsi susu dapat memperkuat tulang. Tetapi, sebuah penelitian dari Swedia justru menunjukkan hal yang sebaliknya.

Dikutip dari BBC pada Kamis (30/10/2014), perempuan yang minum lebih dari 3 gelas susu sehari justru memiliki risiko patah tulang lebih tinggi dibanding mereka yang kurang atau tidak mengonsumsi susu.

Tetapi, para peneliti memperingatkan bahwa hasil penelitian tersebut tidak boleh ditafsirkan sebagai konsumsi susu tinggi menyebabkan patah tulang.

"Faktor-faktor lain seperti alkohol kemungkinan besar berperan," kata mereka. Alkohol merupakan zat yang menghambat penyerapan vitamin, mineral termasuk zat-zat gizi lain seperti kalsium dalam tubuh.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan cara mengamati kebiasaan makan dan kesehatan 61 ribu perempuan dari tahun 1987-1990.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini