Sukses

Ayo Manfaatkan Canggihnya Alat-alat di RS Pertamedika Sentul

Rumah Sakit Pertamedika Sentul City diberikan alat yang super canggih, yang ada di Cath Lab. Sayang bila masyarakat Bogor tidak merasakannya

Liputan6.com, Jakarta Sangat disayangkan bila masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Jawa Barat, khususnya Bogor, tidak mengambil manfaat dari kecanggihan sejumlah alat yang ada di Rumah Sakit Pertamedika Sentul City (RSPSC). Sebab, rumah sakit yang baru saja berulangtahun yang pertama pada Selasa (28/10/2014) diberi kelengkapan alat yang canggih, yang ada di Cath Lab.

"Misalnya DSA, sudah bisa dilakukan di rumah sakit ini," kata Dr. Bagus Denny Indra Baruna, Sp. Rad kepada Health-Liputan6.com di Cath Lab Lantai 2 Rumah Sakit Pertamedika Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/10/2014)

Selain itu, RSPSC juga dilengkapi dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI), Computerized Tomography (CT) scan, dan sejumlah alat lainnya. "Melakukan follow-up kasus sebelum dan sesudah tindakan dengan sangat baik, juga ada di Cath Lab ini," kata dia menambahkan.

Menurut Spesialis Radiologi RSPSC ini, masih sedikit orang yang mengerti dan memahami DSA secara menyeluruh. Alasannya, DSA ini adalah ilmu baru di dunia kedokteran.

"Saya baru pulang dari Turki beberapa hari yang lalu. Di sana, ilmu seperti ini masih dalam tahap penelitian, sehingga hal-hal yang menyangkut penelitian ini ada sejumlah aspek yang masih kita coba gali," kata Bagus menambahkan.

Jadi, jika itu berkaitan dengan pembuluh darah, dapat ditangani dengan cepat di Cath Lab yang ada di RSPSC.

"Tinggal pilih saja, mau dilebarin apa disumbat?," kata Bagus. "Kalau memang punya problem menyempit, ya dilebarin. Kalau memang tersumbat karena ada tumornya, karena ada kelainan pembuluh darah misalnya AVM (pembuluh darah bercabang), ya kita sumbat," kata Bagus menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini