Sukses

TACE, Taklukkan Tumor dengan Cara Stop Suplai Makanan

Di Cath Lab lantai 2 RS Pertamedika Sentul City dapat dilakukan penyumbatan pada tumor liver

Liputan6.com, Jakarta Apabila ditemukan tumor pada tubuh seorang pasien, maka dokter dapat melakukan penyumbatan pada pembuluh darah. Di Cath Lab Lantai 2 Rumah Sakit Pertamedika Sentul City, para ahli radiologi paling sering melakukan penyumbatan sejumlah tumor lever dengan metode yang disebut sebagai Transarterial Chemo Embolization (TACE).

"TACE adalah di mana dokter meletakkan obat kemoterapi langsung pada organ, kemudian kita sumbat," kata Spesialis Radiologi Rumah Sakit Pertamedika Sentul City, Dr. Bagus Denny Indra Baruna, Sp. Rad kepada Health-Liputan6.com di Cath Lab, Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/10/2014)

Jika Anda pernah mendengar istilah kemoterapi, lanjut Bagus, maka prosedurnya yang dilakukan adalah kemoterapi dimasukan ke dalam tubuh menggunakan infus, dan seluruh sel di dalam tubuh akan terkena. "Tak heran bila rambut rontok, kulit jadi hangus, dan kondisi tubuh nge-drop. Karena seluruh sel bersinggungan dengan obat kemo yang mengalir secara sistematik," kata Bagus.

Dengan teknologi yang ada di Cath Lab, dokter akan memasukan obat kemo langsung ke organnya, dan dilakukan penyumbatan. Dengan begitu, organ yang sehat tidak akan terkena dampaknya, sehingga akan tetap sehat dan segar.

"Karena obat kemo memberikan efek siklus sel yang akan dihentikan pada fase tertentu, dengan begitu sel sehat akan ikut drop. Itulah mengapa ada seorang pasien pada fase tertentu akan bangkit lagi," kata Bagus. "Itu pun kalau masih bisa bangkit lagi, kalau drop terus down bagaimana? Selesai!," kata Bagus menambahkan.

Maka itu, kemoterapi adalah terapi yang dilakukan dengan sangat hati-hati, dan harus dilakukan langsung oleh ahlinya.

Keuntungan dengan memasukan obat kemo langsung ke bagian organ tubuh yang sakit adalah sel-sel tubuh yang sehat akan tetap aman, dan yang tersumbat hanya bagian yang memang harus disumbat saja.

"Dengan begitu, tumor tidak dapat makanan, obat kemo bekerja, dan tumor akan mengecil," kata Bagus.

Setelah itu, dokter akan terus memantau keadaan pasien dengan melakukan Computerized Tomography (CT) scan. Dokter akan mengukur diameternya, bila mengecil maka TACE akan dilakukan lagi, dan akan terus diulang sampai tumor benar-benar kecil.

"Ini akan terus dilakukan sampai pasien dinyatakan benar-benar bebas tumor," kata Bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.