Sukses

Batas Konsumsi Kopi dalam Sehari

Meminum 6 cangkir kopi dalam sehari sudah terlalu banyak dan dapat menyebabkan kematian di bawah usia 55 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, meminum kopi adalah kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari. Selain karena rasanya yang nikmat, kafein yang terkandung dalam kopi juga memiliki beberapa efek yang baik seperti dapat membangkitkan stamina.

Meskipun begitu, kopi juga memiliki efek samping seperti dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, tegang hingga sakit kepala. Lantas, berapakah batasan mengkonsumsi kopi dalam sehari?

Dikutip dari The Wall Street Journal pada Rabu (29/10/2014), mengkonsumsi 14.000 miligram kafein yang setara dengan 8 cangkir kopi dalam sehari sudah terlalu banyak.

Bahkan, meminum kopi sebanyak 6 gelas sehari akan meningkatkan risiko kematian di bawah umur 55 tahun.

Konsumsilah kopi tidak lebih dari 4 gelas sehari. Menurut Dr. Johnson, Profesor dari Johns Hopkins University, mengkonsumsi 2-4 cangkir kopi sehari dapat menurunkan tingkat depresi.

"Jika Anda meminum sampai 4 cangkir kopi sehari dan tidak menimbulkan efek samping, maka dosis tersebut tepat untuk Anda," kata Dr. Johnson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.