Sukses

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Jus apel dan yogurt bebas lemak memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Secara otomatis, jus apel sama buruknya dengan minuman bersoda

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa minuman seperti jus apel dan yoghurt yang dikatakan bebas lemak dan sehat ternyata sama buruknya dengan minuman bersoda?

Suatu survei menemukan, segelas jus apel mengandung 7 sendok gula, sama seperti tiga porsi donat Krispy Kreme. Sedangkan yoghurt bebas lemak mengandung gula dengan takaran sama dengan seporsi es krim.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar asupan gula tidak lebih dari enam sendok setiap hari. Bila dalam sehari kita hanya mengonsumsi segelas jus apel, maka sebenarnya gula yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebih. Mungkin langsing akan didapat, tetapi Anda berisiko diabetes.

Fatalnya, jus apel dan yoghurt yang disebut bebas lemak kerap diberikan pada anaknya oleh ibu untuk bekal sekolah. Mereka tidak menyadari, terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Jika sudah seperti ini, maka orangtua harus mulai waspada. Sebab, kelebihan gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua, dua kali lipat dari orang biasanya. Kelebihan gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi hingga menyebabkan ompong pada anak.

Chief Medical Officer asal London, Inggris, Sally Davies, meminta para orangtua agar menjaga supaya asupan gula pada anak-anak tidak lebih dari enam sendok. Ini adalah kunci utama agar anak-anak terhindar dari obesitas, penyakit jantung, dan penyakit serius lainnya.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (29/10/2014), Sally juga berpesan agar stigma terhadap minuman buruk harus segera diubah. Selama ini, kebanyakan dari orangtua hanya beranggapan bahwa Coca Cola, Pepsi, dan minuman soda lainnya adalah minuman tinggi gula yang harus dihindari. Padahal, segelas jus apel yang dianggap sehat sekali pun, tak ubahnya minuman tidak sehat lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini