Sukses

Ingat, 6 Hal Ini Bisa Picu Kanker Payudara

Meski penyebab kanker sejauh belum bisa diketahui, tapi ada beberapa hal yang perlu Anda ingat untuk mengurangi risiko kanker payudara

Liputan6.com, Jakarta Sebagai RS rujukan nasional kanker, RS Kanker Dharmais mencatat bahwa kanker payudara masih merupakan ancaman bukan hanya bagi perempuan tapi juga pria. Di RS Dharmais sendiri, kanker payudara menduduki peringkat pertama dari 10 kanker terbesar. Hampir 85 persen pasien kanker payudara datang ke rumah sakit dalam keadaan stadium lanjut.

Meski penyebab kanker sejauh belum bisa diketahui secara pasti, tapi ada beberapa hal yang perlu Anda ingat untuk mengurangi risiko kanker payudara, seperti dikutip Womenshealthmag, Rabu (29/10/2014) berikut ini:

1. Berat badan

Obesitas bisa memicu kanker payudara sekitar 30-60 persen. Kenapa? karena estrogen diproduksi di sel lemak. Jadi kalau Anda kelebihan lemak, maka otomatis Anda akan kelebihan estrogen yang memicu tumbuhnya sel tumor.

2. Ukuran perut

Sebuah penelitian terbaru dari British Medical Journal menemukan bahwa faktor yang paling penting meningkatkan peluang kanker payudara pascamenopause wanita adalah ukuran roknya yang semakin sempit dibandingkan ketika usia dua puluhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jarang olahraga



3. Jarang olahraga

Rajin berolahraga bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar tapi dengan bergerak, kekebalan tubuh secara alami dapat meningkat. Plus, Anda dapat menurunkan jumlah kadar glukosa dan insulin dalam aliran darah Anda, sehingga dapat membantu tubuh memecah estrogen berlebih penyebab kanker. Para ahli menyarankan latihan sebaiknya satu jam sehari dengan 4-5 kali per minggu.

4. Minum alkohol

Beberapa penelitian telah menghubungkan peningkatan konsumsi alkohol dengan risiko tinggi terkena kanker payudara.

3 dari 3 halaman

Salah diet

5. Salah diet

Alih-alih ingin mendapatkan tubuh ideal, beberapa jenis diet pun rela dilakoni. Sayangnya, beberapa jenis sayur justru bisa meningkatkan hormon estrogen. Pilih sayuran warna-warni, seperti wortel dan tomat yang sarat dengan karotenoid dan antioksidan yang telah diteliti bisa menurunkan risiko kanker payudara. Membatasi asupan gula dan lemak juga bisa membantu Anda terlindungi dari kanker payudara.

6. Kelainan genetik

Perempuan yang membawa gen BRCA1 atau BRCA2 memiliki risiko seumur hidup peningkatan terkena kanker payudara. Tapi tidak perlu terlalu khawatir, bila Anda memiliki riwayat kanker payudara, segera konsultasikan ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini