Sukses

3 Tempat Ini Bantu Anda Berhenti Merokok

Meski jumlah perokok di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, tapi tidak jarang dari mereka yang ingin berhenti merokok.

Liputan6.com, Jakarta Meski jumlah perokok di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, tapi tidak jarang dari mereka yang ingin berhenti merokok. Sayangnya, perokok yang telah kecanduan itu kesulitan menemukan tempat murah dan mudah diakses.

Untuk memudahkan perokok tersebut, Health-Liputan6.com mengumpulkan tempat-tempat berhenti merokok yang mungkin dapat membantu Anda yang ingin berhenti merokok seperti:

1. Puskesmas

Tak hanya di Jakarta, sejumlah puskesmas di beberapa daerah seperti bandung membuka klinik berhenti merokok. Klinik ini bahkan telah ada sejak 2012 silam.

Mantan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi juga pernah mengatakan bahwa klinik berhenti merokok ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin berhenti merokok.

2. Rumah Sakit

Selain Puskesmas, sejumlah RS seperti RS Persahabatan, Jakarta dan RS Port Health Center (PHC), Surabaya memiliki klinik berhenti merokok.

Di RS Persahabatan misalnya, berbagai fasilitas yang menunjang untuk membantu perokok menghentikan kebiasaannya meliputi integrasi konseling, obat dan tatalaksana withdrawal effect.

Fasilitas yang disediakan termasuk konseling, obat-obatan untuk berhenti merokok, behavior therapy (Terapi Perilaku), rehabilitasi Medis, hipnoterapi, konsultasi Gizi, pemeriksaan kadar nikotin, pemeriksaan fungsi paru dan fungsi jantung.

3. Klinik swasta

Selain pelayanan kesehatan milik pemerintah, kehadiran pihak swasta juga dinilai penting untuk membantu para perokok. Sebuah klinik, S Clinic di Darmawangsa, Jakarta misalnya menawarkan metode laser untuk membantu perokok berhenti selamanya. Teknologi khusus yang dimilikinya ini tercatat telah menjadi solusi perokok yang ingin 'taubat' di Eropa, Kanada dan AS.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.