Sukses

Cokelat Hangat, Lezat dan Cegah Pikun

Antioksidan yang ada pada cokelat pengaruhi aliran darah di otak.

Liputan6.com, Jakarta Kini, orang tua maupun kakek nenek bisa disarankan untuk rutin mengonsumsi cokelat. Menurut penelitian terbatu, cokelat mampu membantu mencegah demensia atau kepikunan.

Studi yang dipublikasikan secara online lewat jurnal  Nature Neuroscience ini mengungkapkan bahwa antioksidan yang pada cokelat disebut flavanol membantu meningkatkan ingatan para lansia.

Seperti dilansir Daily Mail pada Selasa (28/10/2014) penelitian kecil ini dilakukan terhadap 37 orang berusia 50 - 69 tahun yang terbagi dalam pemberian dosis besar dan kecil flavanol cokelat selama tiga bulan. Ternyata, pemberian dosis tinggi flavanol cokelat ingatannya lebih baik dibanding yang kecil.

"Studi kecil ini menunjukkan bahwa antioksidan dalam cocoa dapat meningkatkan kemampuan kognitif lansisa dengan cara meningkatkan aliran darah menuju bagian penting di otak," ungkap manajer riset Alzheimer's Society, Dr Clare Walton.

Para peneliti dari Columbia University, menyatakan bahwa penurunan memori pada manusia dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, yang artinya peningkatan memori pun bisa dibantu dengan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini