Sukses

Festival Desa 2014 Merayakan Keberagaman Pangan Lokal

Kalau Anda ingin tahu bahwa ada banyak bahan pangan lokal, cobalah ke Festival Desa 2014 di Bumi Perkemahan Ragunan

Liputan6.com, Jakarta Kalau Anda belum pernah melihat juwawut, sorgum, ganyong, sagu, tepung buah mangrove, dan masih banyak lagi tanaman pangan lokal dari negeri kita sendiri Indonesia cobalah ke Festival Desa yang berlangsung di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan. Sayang, acara festival pangan ini sudah usai karena hanya berlangsung dari tanggal 24 hingga 26 Oktober.

"Tema festival desa yang ketiga ini adalah merayakan keberagaman pangan. Kita tahu bahwa di nusantara ini banyak pangan lokal yang sebenarnya dapat dijadikan andalan bagi masyarakat kita sehingga kalau kita tahu, tidak akan ada yang namanya kekurangan pangan,"ujar Ketua Penyelenggara Fetival Desar 2014 Tedjo Wahyu Jatmiko di Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Menurut Tedjo, kita mungkin tidak pernah tahu bahwa sagu tidak hanya ada di Papua, melainkan juga ada di Riau. Dan bisa dijadikan beragam bahan makanan seperti mie misalnya atau roti. Demikian tepung buah mangrove yang bisa disulap menjadi bahan baku berbagai roti atau mi. Selain mangrove, banyak bahan makanan pokok yang bisa kita temui seperti garut, singkong, jagung, sorgum, ganyong dan bahkan aren juga bisa dibuat mie.

Karena itu tak heran bila dari 40-an stand, sebagian besar akan didominasi oleh promosi berbagai hasil tanaman pangan produksi para petani dari berbagai daerah mulai dari padi dan beras dengan berbagai macam variannya, umbi-umbian, biji-bijian dan beberapa kerajinan tangan masyarakat dari hasil laut seperti cangkang kerang atau kancing baju.

"Ke depan kita memang akan menambah banyak produk pangan lagi karena memang masih banyak yang belum ditampilkan di festival desa ini,"ujar Tedjo.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.