Sukses

1 Juta Dosis Vaksin Ebola Siap pada 2015

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan satu juta dosis vaksin eksperimental Ebola akan siap pada akhir tahun depan

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan satu juta dosis vaksin eksperimental Ebola akan siap pada akhir tahun depan. Dua vaksin eksperimental dari GlaxoSmithKline dan NewLink Genetika juga sudah sedang diuji dan beberapa ratus ribu vaksin akan siap untuk digunakan di Afrika Barat pada pertengahan 2015.

Berdasarkan laporan Independent, Sabtu (25/10/2014), WHO memang telah mempercepat proses pengembangan vaksin, yang biasanya memakan waktu bertahun-tahun untuk uji layak. Namun kedaruratan ebola yang semakin meluas sangat mengkhawatirkan.

"Sebelum akhir semester pertama tahun 2015, kita bisa memiliki sekitar 200.000 dosis, bisa kurang bisa lebih," kata pihak WHO, Marie-Paule Kieny pada wartawan.

Kieny juga mengatakan, jika uji coba tersebut terbukti efektif maka percobaan yang lebih besar dalam menguji vaksin di Afrika Barat bisa segera dimulai awal tahun.

"Mereka yang memiliki risiko tertinggi tertular Ebola seperti Petugas kesehatan akan menjadi orang pertama untuk mengambil bagian dalam percobaan ini," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.