Sukses

Yang Dilakukan Dokter Saat Anda Bisul

Inilah beberapa hal yang akan dilakukan dokter untuk mengobati bisul.

Liputan6.com, Jakarta Mengobati bisul sebenarnya dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan obat bisul rumahan seperti kain hangat atau salep. Tetapi, jika bisul sudah membesar dan berisi banyak nanah, sebaiknya Anda periksa ke dokter.

Dilansir dari Medikus pada Jumat (24/10/2014), Anda harus segera berobat ke dokter terutama bila bisul tersebut tumbuh di sekitar mata, hidung, atau tulang belakang dan sangat menyakitkan serta timbul demam.

Selain itu, periksakan juga jika bisul Anda tidak hilang setelah perawatan rumah selama 2 minggu. Kira-kira, apa ya yang akan dilakukan dokter untuk mengobati bisul kita?

Ada beberapa cara yang dilakukan dokter untuk mengobati bisul. Pertama, dengan cara incisi dan drainase. Incisi adalah istilah medis yang merujuk pada tindakan pemberian sayatan kecil di ujung bisul menggunakan pisau tajam yang steril.

Tujuan tindakan ini adalah agar ada jalan bagi keluarnya nanah dan jaringan mati agar mudah dikeluarkan (drainase). Cara tersebut dapat membuat semua jaringan yang membusuk terbuang dan digantikan yang baru.

Biasanya, proses pengeluaran ini berlangsung selama 2 hari hingga nanah dan darah kotor benar-benar hilang.

Cara kedua yang biasanya dilakukan dokter adalah memberikan obat bisul antibiotik, baik yang berupa obat minum atau salep. Khusus untuk obat salep, biasanya dokter menyarankan menggunakannya 2-3 kali sehari. Bagaimana, apakah Anda masih ragu untuk pergi ke dokter bila ada  bisul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini