Sukses

Si Pria Monyet, Panjat Tebing dan Dinding Candi Tanpa Tali

Seperti monyet, pria asal India ini tak butuh alat pengaman saat memanjat dinding tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Memanjat pohon tanpa alat pengaman adalah hal biasa, tapi bagaimana jika memanjat dinding tinggi tanpa tali? Sudah pasti untuk orang biasa risiko jatuh sangat tinggi. Tapi tidak dengan Jyoti Raju, 28, pria asal India yang mahir menaiki sebuah dinding tanpa alat pengaman.

Sehari-hari Raju menghibur pengunjung sebuah destinasi wisata sejarah di India bagian Selatan bernama Chitradurga Fort. Ia beraksi setiap hari di tempat itu memperlihatkan kemampuannya menaiki dinding benteng yang ada di sana. Tanpa terlihat takut, ia dengan lincah menaiki dinding benteng dengan tinggi lebih dari lima meter itu hanya dengan mengandalkan kekuatan tangan dan kaki.

Tak cuma mendaki, ia pun bisa beraksi 'gila' misalnya hanya memegang tembok dengan tangan saja, lalu memutar tubuh. Atau mengayun-ayunkan diri di bibi dinding.

Kelihaiannya mendaki dinding tersebut membuat pria asal Karnataka, India ini disebut sebagai Monkey King atau Raja Monyet, ada juga yang menyebutnya sebagai Spiderman.

Terhadap Reuters, Raju menyatakan bahwa ia mulai belajar mendaki dinding  benteng tersebut sejak tahun 2005. Ia memang berlatih memanjat dinding-dinding tanpa tali dengan melihat cara monyet memanjat.

Keinginannya untuk memanjat dinding tersebut sebenarnya berawal dari keinginannya untuk bunuh diri. Bukannya mencoba bunuh diri, ia memutuskan untuk mendakinya setelah mengamati polah tingkah monyet-monyet yang berseliweran di sekitar dinding, gunung, dan candi di India. Setelah itu ia mengembangkan keterampilan hingga mahir, bahkan dianggap sebagai manusia super karena kemampuannya.

Berikut aksinya dalam memanjat dinding yang ada di Chitradurga Fort dari Reuters.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini