Sukses

3 Cara Memperkuat Gigi

Menjadi dewasa bukan berarti tidak bisa lagi merawat dan memperkuat gigi.

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang menganggap kekuatan gigi ditentukan pada masa anak-anak hingga remaja. Setelah dewasa, maka tidak ada kesempatan lagi untuk merawat dan memperkuat gigi. Pendapat ini salah. Ketika Anda dewasa, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat dan memperkuat gigi.

Dilansir dari Howstuffworks pada Kamis (23/10/2014) memperkuat gigi dapat dilakukan dengan cara menempatkan mineral kembali ke enamel gigi atau yang dinamakan dengan remineralisasi. Berikut 3 cara remineralisasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pastikan Dapat Cukup Flouride

Pastikan Dapat Cukup Flouride

Flouride dapat membantu membuat kristal yang membentuk kembali enamel gigi lebih tahan lama. Flouride juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang memproduksi asam.

Ada dua cara untuk menambah asupan flouride untuk gigi. Pertama, flouride topikal, yaitu memberikan flouride langsung ke gigi melalui pasta gigi. Kedua, flouride sistemik yang digunakan dengan cara diminum. Beberapa kandungan makanan yang mengandung banyak flouride adalah ikan dan teh hijau.

3 dari 4 halaman

Makan Makanan Penguat Gigi

Makan Makanan Penguat Gigi

Salah satu penyebab kerusakan gigi adalah bakteri yang ada di mulut. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan bakteri tersebut, diantaranya adalah jus kranberi dan anggur merah. Hal ini dikarenakan dua makanan tersebut memiliki banyak polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain kedua buah tersebut, keju juga baik untuk memperkuat gigi karena memiliki banyak kandungan kalsium. Menyantap keju setelah makan dapat menetralisir asam yang menempel pada gigi.

Makanan lain yang kaya kalsium adalah ikan salmon, sarden, sayuran berdaun hijau gelap, sirup molase, susu rendah lemak, almond, kacang Brasil dan biji bunga matahari.

Selain kalsium, zat lain yang dapat memperkuat gigi adalah fosfor dan magnesium. Fosfor dapat Anda temukan pada daging, ikan dan telur. Sedangkan magnesium dapat Anda temukan di bayam dan pisang.

4 dari 4 halaman

Asupan Vitamin

Asupan Vitamin

Kalsum memang baik untuk gigi. Tetapi, untuk dapat menyerap kalsium dengan maksimal, tubuh Anda membutuhkan vitamin D. Vitamin D dapat Anda dapatkan pada kuning telur, hati, ikan berlemak seperti salmon dan tuna serta susu. Paparan sinar matahari di pagi hari juga merupakan sumber vitamin D.

Selain vitamin D, vitamin C juga penting. Vitamin C dapat membantu menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Diantara sumber vitamin C adalah jeruk, stroberi, brokoli, paprika dan tomat.

Itulah beberapa cara merawat gigi agar lebih kuat, terutama untuk orang dewasa. Di luar itu, cara yang paling mudah untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat adalah dengan menggosok gigi dua kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.