Sukses

Para Pemenang Anugerah Jurnalistik Aqua

AQUA Grup mengadakan ajang kompetisi bernama Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) yang pada 2014 telah memasuki tahun ke-4. Ini pemenangnya

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bentuk apresiasi terhadap insan media dan masyarakat penggiat media sosial melalui satu karya yang mampu menginspirasi masyarakat Indonesia akan pentingnya air dalam kehidupan, AQUA Grup mengadakan ajang kompetisi bernama Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) yang pada 2014 telah memasuki tahun ke-4.

AJA IV yang dimulai sejak Maret hingga Agustus 2014, berhasil mengumpulkan 1.238 karya yang terdiri atas; 439 karya tulis jurnalistik, 220 karya tulis umum, 298 karya foto jurnalistik, 203 karya foto umum, dan 50 liputan televisi. 

"Jumlah peserta dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Ini menandakan bahwa trendnya mengalami kenaikan," kata salah seorang juri yang juga Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Eko Maryadi di Erasmus Huis, Jl. H.R Rasuna Said Kav, S-3 Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (23/10/2014)

Setelah melalui penjurian yang dilakukan oleh 7 orang pakar pada bidang masing-masing pada Agustus hingga September 2014, didapatlah 15 pememang yang berhak atas sejumlah hadiah.

Di bawah ini daftar 15 pemenang Anugerah Jurnalistik AQUA IV;

A. Kategori Karya Foto Jurnalistik dan Umum

Jurnalistik

1. Fransiskus Parulin Simbolon dengan judul foto Air Bersih
2. Sofyan Efendi dengan judul foto Air Untuk Kampung Kami
3. Dede Kurniawan dengan judul foto Kekeringan, Warga Mencuci di Irigasi Sawah

Umum

1. Amrullah dengan judul foto Tempat Bermain
2. Raiyani Muharramah dengan judul foto Mandi di Sungai
3. Wisnu Yudo Wibowo dengan judul foto Segarnya Air Pegunungan

B. Kategori Karya Tulis Jurnalistik dan Umum

Jurnalistik

1. Erik Purnama Putra, Republika, dengan artikel berjudul Kondisi Citarum di Hulu dan Hilir
2. Tri Vivi Suryani, Kontributor ANTARA Mataram, dengan artikel berjudul Pejuang Air di Dataran Dahaga
3. IGG Maha Aditra, Ekuatorial, dengan artikel berjudul Konselor Air dari Padang Sabana

Umum

1. Rinrin Irma Rahmawati dengan artikel berjudul Peran Penting Air Bersih untuk Hidup yang Lebih Sehat
2. Maskun Sofwan dengan artikel berjudul Sungai Air Hitam Sumber Kehidupan yang Menyatukan Perbedaan Menjadi Sebuah Peradaban
3. Grace Melia Kristanto dengan artikel berjudul Cerita di Bali Karya

C. Kategori Liputan Televisi

1. Sejernih Pengabdian dari DAAI TV
2. Menanam Sengon, Menanam Air dari Tim Liputan Merajut Asa Trans7
3. Laskar Pencari Air, Ignasisus L. Kunda dari Metro TV

D. Grand Prize

1. Ekmal Muhammad Noor Adha dengan artikel berjudul Tentang Ide Pejalanan Air
2. Laskar Pencari Air, Ignasisus L. Kunda dari Metro TV

Menurut Eko, para pemenang Anugerah Jurnalistik AQUA IV dinilai berdasarkan sejumlah kriteria; yang berhasil membuat satu karya outstand dan berbeda, mampu menginspirasi masyarakat pada umumnya, tulisan yang bagus untuk para jurnalisme warga, dan tingkat kesulitan untuk para jurnalis televisi.

"Khusus untuk Metro TV kenapa dipilih lagi sebagai pemenang Grand Prize, karena hasil dari peliputan yang dilakukan memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Dia mau menelusuri goa hanya untuk merekam seorang anak yang sedang mengambil air," kata Eko.

Penyelenggaraan AJA telah dilakukan sejak 2010, di mana setiap tahunnya AQUA Grup terus berupaya menambah kategori pemberian penghargaan seiring dengan semakin bervariasnya media di Indonesia. 

Untuk 2014, AJA Digelar dengan mengangkat tema `Air dan Kehidupan untuk Indonesia yang Lebih Sehat` dengan menambah kategori karya foto dari masyarakat umum yang pernah dipublikasikan di media sosial. Selain itu, kategori yang lain yaitu Karya Tulis Jurnalis (cetak dan online), karya tulis umum (blog), karya foto jurnalis, dan liputan televisi. Karya yang dilombakan adalah yang pernah dipublikasikan baik di media massa, maupun sosial pada periode 1 Mei 2013 sampai 31 Agustus 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.