Sukses

Gigi Sensitif, Apa Penyebabnya?

Tapa kita sadari, banyak kebiasaan yang menyebabkan kita terkena gigi sensitif.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda merasakan gigi Anda tiba-tiba ngilu saat makan makanan manis, dingin atau asam? Rasa ngilu seperti itu dinamakan gigi sensitif.

Memiliki gigi yang sensitif tentu tidak enak, sebab Anda tidak akan benar-benar dapat menikmati makanan. Bayangkan jika Anda pencinta es krim tetapi gigi Anda sensitif. Tentu tidak enak, bukan?

Lalu, apa saja penyebab gigi sensitif? Berikut beberapa penyebabnya seperti dilansir dari WebMD Partner in Health, Kamis (23/10/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Obat Kumur

Obat Kumur

Menggunakan obat kumur atau mouthwash memang dapat membuat nafas Anda segar. Tetapi, terlalu sering menggunakan obat kumur juga dapat membuat gigi Anda sensitif. Hal ini dapat terjadi karena obat kumur mengandung zat asam yang cukup kuat.

Makan Makanan Asam

Terlalu banyak makan makanan asam seperti tomat dan jeruk dapat mengikis enamel gigi. Kalau Anda memang tidak bisa untuk meninggalkan makanan ini, cobalah sepotong keju atau segelas susu setelahnya sebagai netralisir.

3 dari 4 halaman

Pemutih Gigi

Pemutih Gigi

Seringkali untuk mendapatkan senyum cerah Anda melakukan perawatan pemutihan gigi. Tapi tahukah Anda jika pemutih gigi dapat menyebabkan gigi Anda sensitif? Hal ini disebabkan karena kandungan peroksida yang ada di dalamnya.

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Mungkin Adan berpikir kalau menyikat gigi dengan keras dapat membersihkan gigi lebih baik? Anda salah. Menyikat gigi terlalu keras justru akan mengikis gigi dan menyebabkan resesi gusi, yaitu kondisi dimana gusi terkikis dan mengakibatkan gigi sensitif.

4 dari 4 halaman

Menggeretakkan Gigi

Menggeretakkan Gigi

Tanpa disadari, kita seringkali menggeretakkan gigi. Padahal, kebiasaan tersebut dapat mengikis enamel gigi dan membuat saraf gigi menjadi lebih rentan.

Gigi Berlubang

Anda yang memiliki gigi berlubang akan lebih mudah mengalami gigi sensitif. Hal ini dapat terjadi karena akar gigi lebih terbuka.

Itulah beberapa penyebab gigi sensitif. Agar tidak terkena gigi sensitif, hindarilah kebiasaan-kebiasaan di atas. Selain itu, jaga selalu kesehatan gigi Anda dengan cara menggunakan sikat gigi berbulu halus dan periksa kesehatan gigi secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini