Sukses

Gigi Anda Dapat Rusak dengan Kebiasaan Ini

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak gigi.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan gigi merupakan hal yang penting dan harus dijaga. Salah satu caranya adalah dengan menjaga selalu kebersihannya dengan menggosok gigi menggunakan pasta berflouride dua kali sehari. Tetapi tahukah Anda ada beberapa kebiasaan yang mungkin tidak Anda sadari dapat merusak gigi? Berikut ulasannya seperti dilansir dari WebMD pada Kamis (23/10/2014).

Menggigit Es

Saat suhu udara sedang panas, mengkonsumsi minuman dingin memang sangat enak dan menyejukkan. Kadang-kadang, Anda juga sengaja menggigit es yang ada di dalamnya kan? Tahukah Anda bahwa kebiasaan itu dapat merusak gigi Anda? Hal ini disebabkan karena suhu rendah pada es dapat mengikis enamel gigi.

Mengulum Dot

Kebiasaan yang satu ini khusus untuk bayi Anda. Kebiasaan memberikan mereka dot dengan isi susu, jus atau minuman formula lain membuat gigi bayi dapat rusak. Hal ini dapat terjadi karena mungkin saja cairan manis dalam botol membasahi gigi bayi semalaman. Padahal, zat gula dapat mengikis enamel gigi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tindik di Lidah

Tindikan di Lidah

Kerusakan gigi karena tindikan dapat terjadi karena logam tindikan yang bergesekan dengan gigi akan membuat lapisan gigi Anda perlahan menipis dan rusak. Tindikan pada bibir juga mengakibatkan hal yang sama.

Permen Kenyal

Apakah Anda suka makan permen kenyal? Ketahuilah bahwa permen tersebut dapat merusak gigi Anda. Sebenarnya, semua jenis permen dapat merusak gigi karena memiliki kandungan gula yang banyak. Tetapi, permen kenyal berpotensi lebih besar merusak gigi karena biasanya setelah dimakan selalu ada sisa permen yang menempel pada gigi.

3 dari 3 halaman

Minuman Bersoda

Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung hingga 11 sendok teh gula per porsi. Minuman bersoda juga mengandung asam fostat dan sitrat yang dapat menggerogoti enamel gigi. Minuman energi juga termasuk dalam kategori ini.

Membuka Sesuatu dengan Gigi

Inilah kebiasaan yang mungkin sering kali kita lakukan tiap harinya. Membuka sesuatu seperti bungkus permen menggunakan gigi dapat menyebabkan gigi retak.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat membuat gigi rusak. Jika Anda ingin gigi Anda sehat, maka kurangilah kebiasaan-kebiasaan tersebut mulai saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.