Sukses

Obat Sakit Gigi untuk Gigi Berlubang

Obat sakit gigi untuk gigi berlubang hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit yang timbul, tidak bisa menumbuhkannya kembali.

Liputan6.com, Jakarta Gigi berlubang adalah salah satu gangguan yang biasanya terjadi pada anak-anak hingga remaja. Tetapi, orang tua pun memiliki kemungkinan untuk mengalaminya karena ketika usia bertambah kekuatan gigi pun berkurang. Untuk itu, Anda harus tahu apa obat sakit gigi tersebut.

Penyebab utama gigi berlubang adalah zat asam yang dihasilkan bakteri dalam plak. Bakteri dalam plak dapat mengubah semua makanan yang tersisa menjadi asam, terutama sisa makanan yang mengandung gula. Asam inilah yang dapat melarutkan enamel gigi dan akhirnya menyebabkan gigi rusak hingga berlubang.

Mengobati gigi berlubang tergantung pada tingkat keparahannya. Seperti dilansir dari C Health pada Kamis (23/10/2014), jika telah berlubang, maka gigi tersebut tidak bisa tumbuh kembali. Sedangkan jika gigi berlubang baru saja terjadi, maka itu bisa dihentikan dengan cara membersihkan gigi tersebut dan memberikannya flouride.

Flouride sendiri dapat memperbaiki enamel gigi. Tetapi sekali lagi, bagaimanapun gigi yang telah berlubang tidak bisa tumbuh secara alami seperti semula.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa menambal gigi yang berlubang dengan amalgam (campuran beberapa logam), emas atau porselen. Tetapi, jika telah terjadi pembusukan, tidak ada cara lain selain mencabut gigi Anda dan menggantinya dengan gigi tiruan.

Untuk mencegah gigi berlubang, setidaknya Anda harus menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta berflouride. Jangan lupa juga untuk bersihkan lidah Anda karena bakteri pun bersarang di lidah.

Obat sakit gigi untuk gigi berlubang hanya berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkannya. Untuk itu, cara terbaik adalah tetap merawat gigi Anda dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini