Sukses

Minum Soda Bikin Kulit Gampang Keriput, Anda Cepat Terlihat Tua

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa konsumsi soda berkaitan dengan peningkatan penyakit dan penuaan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang suka mengonsumsi soda, mungkin hal ini bisa menjadi perhatian. Pasalnya, sebuah penelitian baru menemukan bahwa konsumsi soda berkaitan dengan peningkatan penyakit dan penuaan.

Seperti dikutip Cosmopolitan, Rabu (22/10/2014), peneliti menilai 5.309 orang dewasa yang memiliki kebiasaan mengonsumsi soda manis, jus buah, dan diet soda lebih dari 24 jam. Kemudian, mereka membandingkan telomere  (urutan DNA berulang), komponen kromosom yang secara alami menua saat usia bertambah dan juga perkiraan usia biologis serta risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 8 porsi reguler (non-diet) soda dapat mempercepat proses penuaan. 

"Usia biologis Anda bisa sekitar 4,6 tahun lebih tua daripada non-peminum soda," tulis peneliti.

Melihat penelitian tersebut, peneliti menyarankan untuk membatasi asupan soda dan membuat beberapa perubahan gaya hidup seperti misalnya diet yang sehat, olahraga, manajemen stres, dan bersosialisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.