Sukses

Sosok Fachmi Idris, Salah Satu Calon Menkes

Fachmi Idris digadang-gadang sebagai Menteri Kesehatan yang baru. Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta Jabatan Menteri Kesehatan Republik Indonesia resmi dilepas dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH per 20 Oktober 2014. Meski Mboi merasa tidak tahu siapa calon Menteri Kesehatan yang baru, tapi nama Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Dr. dr. Fachmi Idris, MKes disebut-sebut sebagai bakal calon terkuat menggantikan posisi wanita Bugis ini.

Mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) 2006 sampai 2009 juga pernah sempat digadang-gadang menjadi Wakil Menteri Kesehatan mendampingi Endang Rahayu Sedyaningsih pada 2010. Karena saat itu pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, belum pernah menduduki jabatan dengan pangkat eselon 1A, maka keputusan Presiden tidak dapat dikeluarkan. Dalam sekejap, mimpi Fachmi untuk menjadi Wamenkes sirna begitu saja.

Alasan terkuat nama Fachmi Idris kembali berhembus kencang bakal menduduki jabatan sebagai Menkes, karena mantan dosen Fakultas Kedokteran UNSRI ini dianggap mampu menyempurnakan program BPJS menjadi Indonesia Sehat seperti yang dijanjikan Presiden Jokowi.

Lagipula, dokter sekaligus aktivis Indonesia memiliki latar belakang akademisi yang sangat bagus. Buktinya, setelah lulus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 1993, anak dari H. Ali Aga langsung mempraktikan ilmunya di daerah kecil di Sumatera Selatan. Dua tahun kemudian, Fachmi menjabat sebagai Kepala Puskesmas Makarti Jaya, Sungsang, Sumatera Selatan.

Dikutip Health-Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (22/10/2014), Fachmi pernah menjadi lulusan terbaik pascasarjana program Ilmu Kesehatan Masyarakat UI pada 1998, dan berhasil menyaber gelar doktor pada 2003.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang lebih dulu bernama Asuransi Kesehatan (Persero) periode 2013-2018, Fachmi yang juga berhasil menyabet gelar strata 2 (Magister) pada Ilmu Kesehatan Masyarakat UI 1998, pernah menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Indonesia (2006-2009), Dewan Pengawas RS Moh. Husin Palembang (2007-2011), Dewan Komisaris PT Askes Persero (2008 sampai sekarang), serta Wakil Ketua Komite Audit PT Askes Persero (2009-2011)

Biodata Fachmi Idris, calon Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Nama: Dr. dr. Fachmi Idris, MKes
Lahir : 1 Februari 1968, Palembang, Sumatera Selatan
Almamater : Universitas Sriwijaya Palembang, Universitas Indonesia Jakarta
Agama : Islam
Nama istri: Dr. dr. Rini Purnamasari, Sp.A
Anak : 1. Ridho Fachri M. Rizqy, 2. Fachri M, 3 Rifa Rahma A

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.