Sukses

7 Makanan 'Sehat' yang Bikin Kulit Kusam

Yang mempengaruhi kecantikan kulit bukan hanya rokok, melainkan makanan seperti karbohidrat olahan, gula, dan lemak.

Liputan6.com, Jakarta Yang mempengaruhi kecantikan kulit bukan hanya rokok, melainkan makanan seperti karbohidrat olahan, gula, dan lemak.

Seperti disampaikan pakar dermatologi dan penulis 'The Sugar Detox', Patricia Farris, MD bahwa gizi buruk sama buruknya dengan merokok bagi kulit. Pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan, memicu stres oksidatif dan pada gilirannya dapat merusak kolagen dan DNA yang membuat Anda terlihat lebih tua.

Jadi apa saja makanan yang mungkin sehat tapi bisa membuat kulit tidak sehat? Berikut ulasannya, seperti dikutip Prevention, Rabu (22/10/2014):

1. Kue Beras

Demi menghilangkan lemak di tubuh, para supermodel memakan kue beras. Hal ini lantas menyebar dan diikuti sejumlah wanita. Tapi sayangnya, menurut dermatolog dan penulis buku The Clear Skin Diet, Valori Treloar, MD, kue beras bisa menyebabkan gula darah Anda melonjak dan mempercepat pembentukan keriput.

Bagaimana bisa? Begini, Valori menjelaskan, ketika tubuh Anda memetabolisme karbohidrat sederhana dalam kue dengan cara yang sama dengan mencerna gula maka kue itu akan menjadi glukosa. Ingat, sifat glukosa yang mengikat lemak? ya, begitu dia masuk tubuh, maka glukosa akan merusak kolagen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cereal

2. Cereal

Prinsipnya hampir sama dengan kue beras, cereal juga bisa menimbun glukosa dalam tubuh yang membuat tubuh gemuk dan membuat cepat keriput.

3 dari 6 halaman

Susu

4. Susu

Ok, mungkin tulang Anda kuat tapi kulit belum tentu. Menurut Treloar, susu bisa menumbuhkan hormon pertumbuhan yang akan tetap aktif meskipun telah melalui proses setelah pasteurisasi.

Studi menunjukkan bahwa susu dapat mempengaruhi insulin, menyebabkan peradangan, dan meningkatkan produksi lemak dalam tubuh yang memengaruhi kesehatan kulit.

4 dari 6 halaman

Smoothies

5. Smoothies

Ayo mengaku, siapa yang suka membeli smoothies di supermarket atau di toko-toko besar? pernah lihat pembuatannya? Treloar mengungkapkan bahwa minuman ini dikemas dengan tambahan gula yang tinggi. Sehingga walaupun menggunakan bahan alami seperti susu atau yogurt, tapi penggunaan gula yang irasional bisa merusak kolagen dalam kulit.

5 dari 6 halaman

Jus dan Soda

6. Jus dan Soda

Sama seperti minuman lain yang mengandung gula, jus dan soda pun tidak terkecuali.

6 dari 6 halaman

Margarin



7. Margarin

Lemak memang sangat penting untuk menjaga kulit lentur, tapi sebuah studi dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa asupan tinggi margarin dikaitkan dengan peningkatan kerutan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.