Sukses

Isi Ulang Baterai Ponsel di Samping Tempat Tidur Bikin Gemuk?

Salah satu hal yang harus dilakukan bila ingin menurunkan berat badan adalah tidak mengisi ulang baterai ponsel di samping tempat tidur Anda

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada baiknya untuk tidak mengisi ulang baterai ponsel di samping tempat tidur, apalagi bila itu terjadi di saat Anda ingin tertidur di malam hari. Sebab bias cahaya sekecil apa pun yang terpancar dari ponsel, membuat Anda berisiko mengalami kenaikan berat badan.

Baru-baru ini, para ilmuwan dari Northewestern University di Chicago, Amerika, telah menemukan bahwa paparan cahaya dari komputer, lampu tidur, atau ponsel di malam hari dapat menyebabkan penambahan berat badan. Alasannya, cahaya buatan dapat memengaruhi produksi melatonin, hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal di otak yang dapat memicu kantuk dan akan dilepaskan ketika hari mulai gelap, dan akan memuncak sekitar pukul 02:00 pagi.

Mereka mengatakan, kondisi ini terjadi karena perangkat seperti komputer dan ponsel, akan memancarkan cahaya yang lebih biru. Bila cahaya biru ditangkap oleh otak, maka cahaya tersebut akan bertindak sebagai `wake up call`, dan akan mengatakan bahwa jam tubuh manusia sudah saatnya untuk bangun.

Meski manusia melihat cahaya putih dari ponsel, para peneliti menekankan bahwa warna itu terdiri atas tujuh warna; ungu, nila, biru, hijau, kuning, oranye, dan merah.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa (21/10/2014) Profesor Horne dari London, Inggris, mengatakan bahwa manusia yang terpapar sinar biru selama tiga jam di malam hari akan merangsang nafsu makan, dan akan sulit mengontrol berat badannya. Bagaimana pun otak akan menangkap tubuh sudah tiba saatnya untuk `sarapan` agar mendapatkan banyak energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.