Sukses

Nggak Ada Nasi, Coba 6 Sumber Karbohidrat Lezat Ini

Meski ingin menurunkan berat badan tapi tubuh tetap membutuhkan karbohidrat.

Liputan6.com, Jakarta Bagi mereka yang sedang menjaga maupun menurunkan berat badan, karbohidrat adalah hal yang sebisa mungkin dihindari. Namun perlu diingat, kita tidak bisa hidup tanpa asupan karbohidrat.

Karbohidrat adalah bahan bakar tubuh termasuk otak. Mulai dari memberikan energi usus untuk bergerak mencerna makanan hingga aktivitas fisik kita lain. Bayangkan saja jika tubuh tak diberi asupan karbohidrat tentu tak memiliki energi untuk bergerak.

Variasikan sumber karbohidrat yang masuk ke tubuh selain nasi dan roti. Berikut enam sumber karbohidrat dengan cita rasa lezat yang juga dipenuhi dengan serat seperti dilansir dari Huffington Post pada Senin (20/10/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kacang

1. Kacang
Hampir semua  jenis kacang memiliki serat dengan sedikit gula. Satu ons kacang hitam misalnya, mengandung 7 gram karbohidrat dan 2 gram serat plus kandungan protein.

2. Labu
Butternut squash merupakan salah satu jenis labu yang rendah gula, tinggi serat dan karbohidrat.

3. Oatmeal
Pilihan tepat jika Anda memilih oatmeal sebagai menu sarapan Anda. Serat dalam oat baik untuk kesehatan jantung yang dapat menurunkan koleseterol.

3 dari 3 halaman

Popcorn

4. Popcorn
Popcorn berasal dari bahan baku jagung namun tidak memiliki lemak dan sodium yang berlebih serta kaya karbohidrat.

5. Ubi manis
Ubi yang juga disebut ubi  jalar ini merupakan sumber karbohidrat yang kaya serat dengan kandungan karotenoid. Ada pula kandungan Vitamin C, protein dan kalium.

6. Pisang
Buah ini memang jadi menu sarapan yang mengenyangkan karena tinggi karbohidrat serta serat dan Vitamin B6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.