Sukses

3 Kiat Bugar dari Pakar Kedokteran Olahraga untuk Jokowi

Berikut tips yang diberikan Michael Triangto kepada Jokowi agar Presiden RI ke-7 tidak sakit

Liputan6.com, Jakarta Agar Joko Widodo atau Jokowi tak sakit karena kesibukannya yang semakin padat, dr. Michael Triangto, SpKO memberikan tips sederhana yang dapat dilakukan Presiden RI ke-7 ini.

Berikut tips sederhana yang diberikan Dokter Spesialis Olahraga ini kepada Jokowi, seperti yang disampaikannya kepada Health-Liputan6.com, Senin (20/10/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1



1. Mencoba mencari hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik

Sebagai presiden yang baru saja dilantik di Gedung MPR/DPR RI pada Senin (20/10/2014) pagi, Jokowi dianjurkan untuk mencari hal-hal baru yang berkaitan dengan aktivitas fisik.

Michael yakin, biarpun Jokowi bukan individu yang terbiasa bermain golf, sewaktu-waktu Jokowi akan bermain golf untuk `menghormati` tamu yang ingin bertemu dengannya.

"Misalnya mantan Presiden AS, Jim Carry mau bertemu dengan Jokowi sambil bermain golf, Jokowi bisa memanfaatkan momen itu untuk beraktivitas fisik juga," kata Michael.

"Caranya, jangan menggunakan golf car. Selain dirinya sehat, Jokowi memiliki waktu yang cukup panjang berbicara dengan Jim Carry, dan dapat melobinya juga," kata Michael menambahkan.

3 dari 4 halaman

2



2. Memanfaatkan momen car free day

Momen car free day dapat dijadikan oleh Jokowi sebagai `ajang` untuk melakukan aktivitas fisik. Bila di hari biasa Jokowi tidak dapat bersepeda, di hari Minggu kegiatan menyehatkan itu dapat dilakukannya. 

4 dari 4 halaman

3



3. Punya waktu untuk jalan cepat

Jokowi diharapkan memiliki celah agar selalu dapat melakukan aktivitas fisik berupa jalan kaki cepat hanya 30 menit. Baik itu di Istana Negara, kediamannya, maupun saat sedang melakukan blusukan.

Michael mengatakan, jalan cepat selama 30 menit dalam sehari, dengan tempo seperti orang mau ke kamar mandi, akan mendatangkan manfaat yang besar bagi Mantan Walikota Surakarta, Jawa Tengah itu.

Michael juga mengungkapkan sejumlah manfaat jalan kaki yang akan didapatkan oleh Jokowi, bila itu dilakukan dengan benar;

- Kekuatan otot besar akan terlatih sehingga tidak mudah lelah dan lebih kuat
- Memaksa jantung memompa darah lebih lancar, dan akhirnya jantung lebih kuat
- Aliran darah harus menangkap oksigen di paru-paru untuk dibawa tubuh dengan darah, sehingga paru-paru lebih kuat, kapasitas udara lebih banyak sehingga oksigen diharapkan lebih banyak.
- Manusia berdiri tegak karena tulang lebih kuat, tidak mudah sakit sendi, dan tidak mudah terkena tulang keropos
- Karena aktif, metabolisme tubuh meningkat sehingga pembakaran lemak di tubuh juga meningkat
- Dapat terhindar dari penyakit jantung, penyakit pembuluh darah seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, obesitas, bahkan kanker dan asma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini