Sukses

Memiliki Pasangan Bisa Ubah Kebiasaan Buruk?

Gara-gara George Clooney sang istri mau berhenti dari kebiasaan merokoknya.

Liputan6.com, Jakarta Aktor George Clooney beberapa pekan lalu menikahi seorang pengacara sukses nan cantik Amal Alamuddin. Ternyata, hubungan ini bisa membuat Amal berhenti dari kebiasaan buruk merokok sejak berkencan dengan Clooney.

Perubahan yang dialami oleh Amal juga terjadi pada orang lain. Peneliti pun telah melakukan berbagai studi untuk membuktikan bagaimana cinta dan pernikahan bisa berdampak pada kesehatan seseorang. Namun, rupanya hal ini sulit diteliti karena setiap hubungan dan orang memiliki perbedaan yang tidak bisa disamakan.

Namun, ada juga penelitian yang membenarkan bahwa dukungan sosial pasangan yang penuh kasih akan lebih sukses mengubah kebiasaan buruk pasangan. Baik itu merokok, minum-minuman keras hingga makan berlebihan seperti dilansir Health, Senin (20/10/2014).

Penelitian yang diketuai oleh sosiolog medis dari Harvard Medical School, Nicholas Christakis dalam jurnal New England Journal of Medicine menyatakan bahwa pengaruh terbesar seseorang merokok disebabkan karena hubungan dekat. Jika pasangan berhenti merokok 67 persen melakukan hal yang sama seperti dilansir dari NBC News.

Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang sedang jatuh cinta mendorong satu sama lain untuk melukan perilaku sehat seperti berolahraga. Kehadiran teman dalam melakukan kebiasaan baik membuat seseorang lebih semangat jalani hal-hal baik juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.