Sukses

Sulit Bangun Pagi, Coba Timbang 4 Manfaatnya

Bagi yang kesulitan bangun pagi, cari tahu empat manfaat bangun pagi berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sulit bangun pagi coba usahakan dan biasakan agar bisa lakukan kebiasaan baik ini. Saat berusaha pasti tidak sulit karena pada dasarnya tubuh didesain bangun pagi. Saat matahari bersinar tubuh diminta bangun, lalu saat matahari tenggelam saatnya tidur ujar psikiatris Tracey Marks.

Coba ajak tubuh agar bisa bangun pagi dan Anda akan mendapatkan manfaat berikut seperti dilansir Reader's Digest pada Senin (20/10/2014).

1. Tubuh lebih langsing

Banyak sedikitnya terkena cahaya ternyata memengaruhi berat badan menurut Northwestern University. Orang yang mendapatkan paparan cahaya di pagi hari memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mendapat sedikit sinar matahari.
"Cahaya matahari menyesuaikan jam biologis tubuh yang mengatur metabolisme, jika tidak malah dapat menyebabkan penambahan berat badan," terang penulis senior studio Phyllis Zee C, MD.

2. Lebih aktif

Ahli biologi Harvard, Christoph Randler menyebutkan bahwa orang-orang pagi hari menunjukkan sikap prokaktif dalam tindakan sehari-hari termasuk pekerjaan mulai dari kinerja yang lebih baik, karir sukses, dan gaji lebih tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih bahagia

3. Lebih bahagia

Peneliti dari University of Toronto melakukan survei terhadap 700 orang dewasa untuk menanyakan kebiasaan tidur, mood, kesehatan. Hasilnya, mereka yang bangun pagi (telah tidur lebih dari tujuh jam) mengalami peningkatan perasaan bahagia, keceriaan, dan kewaspadaan hingga 25 persen.

4. Konsisten berolahraga

"Dalam hal melakukan kebiasaan latihan yang konsisten, individu yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih baik," ucap kepala petugas ilmiah American Council on Exercise, Cedric Bryant, PhD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini