Sukses

Sudah Nggak Zaman Orangtua Ditakuti Anak

Namun peran orangtua yang ingin melindungi, kadang dinilai menakutkan bagi anak.

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan dasar tumbuh kembang anak agar optimal itu terdiri dari tiga hal, yaitu kebutuhan fisis biologis (nutrisi, imunisasi, kebersihan, olahraga dan bermain), kebutuhan stimulasi dan kebutuhan kasih sayang. Namun peran orangtua yang ingin mengayomi kadang dinilai menakutkan bagi anak.

Begitu disampaikan Konsultan tumbuh kembang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RS Cipto Mangunkusumo, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp. A (K), MPH. Menurutnya, saat ini banyak anak takut dengan orangtuanya karena pola asuh yang begitu kuat.

"Takut jangan, respect iya. Orangtua jangan lagi mendidik anak dengan keras. Nanti jangan salahin mereka kalau ada masalah lari ke temannya. Kalau temannya benar, kalau nggak bagaimana," kata Bernie, seperti ditulis Senin (20/10/2014).

Bernie menambahkan, ketika anak salah, berikan dia kesempatan bicara dan bukan menghukum dengan kekerasan. "Ajak anak bicara, jangan gampang menghukum anak apalagi dengan kekerasan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini