Sukses

Presiden Jokowi Diharapkan Berani Aksesi FCTC

Siapa pun Menteri yang duduk di Kabinet Jokowi yang ingin menjegalnya, Jokowi diharapkan mampu mengaksesi FCTC

Liputan6.com, Jakarta Resmi menjadi Presiden RI ke-7, Joko Widodo atau Jokowi diharapkan bakal meratifikasi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (FCTC) yang hingga kini belum juga ditandatangi oleh SBY sampai akhir masa jabatannya.

"Pastinyalah mengharapkan Jokowi mengaksesi FCTC. Kan demi kebaikan bangsa Indonesia juga," kata Kartono Mohammad saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (20/10/2014)

Lebih lanjut Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, mengatakan, pihaknya baru akan kembali berkomentar setelah melihat susunan kabinet yang diusung oleh Jokowi. "Kita akan menunggu sampai pengumuman kabinet Jokowi nanti. Barulah dibicarakan lagi," kata Kartono Mohammad menambahkan.

Namun, terang Kartono, siapa pun Menteri yang ada di Kabinet Jokowi nanti, diharapkan mantan Walikota Surakarta, Jawa Tengah, mampu mengambil langkah besar untuk segera mengaksesi FCTC.

"Para menteri itu nantinya akan memberikan masukan kepada Jokowi. Tapi, semoga saja, Jokowi tidak terpengaruh (hal-hal buruk), dan mampu mengambil langkah meski menteri menjegal," kata Kartono.

Dalam kesempatan yang lain, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr. H. M. Asrorun Niam Sholeh, M. A mengatakan, jika nanti Jokowi `dijahati` oleh Koalisi Merah Putih saat mengaksesi FCTC, maka rakyat akan semakin bersatu untuk membelanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.