Sukses

Awas, Gadget Bikin Mata Anak-anak Menjadi Kering

Penggunaan gadget pada anak membuat anak-anak mengalami mata kering

Liputan6.com, Jakarta Terlalu sering menggunakan gadget, membuat masalah mata seperti mata kering (dry eye) pada anak begitu mudah ditemukan saat ini. Padahal dulu, kondisi mata kering hampir tidak pernah ditemukan pada anak-anak.

"Namun saat ini, justru banyak ditemui pada anak-anak," kata Spesialis Mata Anak dari Sumatera Eye Centre (SMEC), Dr. D. A. N. Canara Sari, Sp.M dalam acara `Cek Mata Yuk: Gaya Hidup Modern Versus Mata Kita` ditulis Health-Liputan6.com pada Sabtu (18/10/2014)

Akibat dari perubahan zaman, balita saat ini pun sudah diperkenalkan dengan elektronik super canggih seperti gadget, yang justru akan mendatangkan masalah bagi kesehatan mata sang buah hati yang akan terjadi dalam waktu dekat.

"Dan beberapa penelitian menyebutkan adanya hubungan antara penggunaan gadget ini dengan miopia atau rabun jauh," kata Sari menambahkan.

Jika anak sudah menderita miopia atau rabun jauh, lanjut Sari, biasanya progresivitasnya terjadi lebih cepat.

Dalam rangka memeringati World Sight Day yang jatuh pada 9 Oktober 2014, hari Kamis kedua di Oktober setiap tahunnya, Sari mengimbau agar orangtua mulai rutin memeriksakan mata anak-anaknya. "Cek mata yuk, agar mengetahui masalah mata apa yang dialami anak-anaknya," kata Sari.

Jangan sampai orangtua baru membawa anak-anaknya untuk memeriksa mata setelah mendapat panggilan dari guru yang mengajar di sekolah, sembari mengatakan bahwa anak-anaknya itu mengalami kehilangan konsentrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini