Sukses

3 Sebab Kenapa Manusia Tidur

Sejumlah teori dari para ilmuwan telah menemukan mengapa kita bisa tertidur.

Liputan6.com, Jakarta Semua mahluk hidup membutuhkan tidur, termasuk manusia serta binatang dan tumbuhan yang kita sendiri tidak pernah tahu kapan mereka memejamkan mata. Meski dari sudut pandang evolusi tidur sangat berbahaya bagi kita karena rentan terserang sejumlah penyakit, namun sejumlah teori dari para ilmuwan telah menemukan mengapa kita bisa tertidur.

Berikut sejumlah alasan mengapa kita bisa atau harus tidur seperti dikutip Health Me Up, Kamis (16/10/2014)

1. Tidur memperbaiki metabolisme tubuh

Manusia menghabiskan dua pertiga dari hari-harinya menggunakan energi untuk dapat beraktivitas. Maka itu, tanpa disadari tubuh merasa lelah yang membuat kita kerap mengantuk. Tidur sangat diperlukan pemulihan setelah tubuh digunakan untuk beraktivitas seharian penuh, karena selama itu pula saraf pada otot dan tulang merasa lelah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melindungi manusia



2. Tidur melindungi manusia

Menurut teori evolusi, tidur dapat melindungi kita dari bahaya. Logikanya, ketika manusia itu tertidur dengan sangat lelap, maka dia tidak akan berkeliaran di malam hari, dan aman dari segala macam ancaman.

3. Tidur untuk meningkatkan konsentrasi

Sejumlah studi psikologi telah membuktikan bahwa tidur sangat diperlukan sebagai proses untuk menyerap apa yang dialami oleh manusia itu sendiri selama sehari penuh, dan dengan tidur dapat meningkatkan konsentrasi kita.

Para peneliti juga menemukan bahwa saat manusia tidur, otak mengeluarkan semua racun dan limbah yang mungkin terserap ke dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.