Sukses

4 Tahapan Orgasme pada Wanita

Begitu rumitnya respon seksual wanita hingga para dokter tidak terlalu yakin apa yang disebut dengan orgasme pada wanita.

Liputan6.com, Jakarta Respon seksual wanita jauh lebih rumit daripada laki-laki. Begitu rumitnya hingga para dokter tidak terlalu yakin apa yang disebut dengan orgasme pada wanita.

Para peneliti seksualitas manusian, William Masters, MD dan Virginia Johson dengan cara metodis menggambarkan orgasme sebagai fase ketiga dari siklus respon seksual wanita. Berikut tahapannya:

1. Fase Penuh Gairah : Alat kelamin mulai terisi darah dan mulai mengeluarkan cairan pelumas vagina
2. Fase Stabil (Plateau) : Tingkat ketegangan otot meningkat dan jaringan-jaringan otot mulai terisi darah. Napas memburu, kulit terasa panas dan vagina membengkak.
3. Orgasme : Tingkat ketengan otot tiba-tiba terlepas dan darah mulai meninggalkan alat kelamin. Rahim dan vagina berkontraksi dengan interval 0,08 detik, sama seperti pada orgasme pria. Beberapa wanita mengalami kontraksi setelah orgasme, yang bisa bertahan untuk jangka waktu tertentu hingga 24 jam.
4. Resolusi: Kondisi tubuh kembali ke saat sebelum terangsang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.