Sukses

Dampak Buruk Alkohol Bisa Diatasi dengan Minum Kopi?

Minum-minuman beralkohol bisa membuat hati jadi tak sehat. Dapatkah minum kopi membantu hati lebih sehat?

Liputan6.com, Jakarta Terlalu banyak minum minuman beralkohol berdampak buruk bagi kesehatan hati. Satu-satunya cara untuk membuat hati sehat adalah membatasi bahkan berhenti minuman keras ini. Jika dalam waktu dekat sulit memberhentikan coba bantu kembalikan kesehatan hati dengan minum kopi.

Dalam studi National Cancer Institute baru-baru ini disebutkan bahwa mereka peminum alkohol yang juga minum tiga cangkir kopi per hari ditemukan bahwa dalam hati terdapat lebih banyak enzim-enzim yang mendekati normal. Kondisi hati ini lebih baik dibandingkan peminum alkohol yang tidak minum kopi.

Bahkan, bagi pemabuk berat yang juga minum kopi memiliki hati sehat dari pemabuk berat yang tidak minum kopi. "Manfaat baik kopi ini membantu menangani efek buruk kopi yang bisa menyebabkan penyakit pada hati," terang peneliti dari National Cancer Institute dokter Qian Xiao seperti dilansir Cosmopolitan pada Kamis (16/10/2014).

Para peneliti meyakini bahwa tak hanya kafein yang menyebabkan kesehatan hati, namun mereka masih menyelidikinya lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini