Sukses

PMI Mobilisasi Relawan untuk Bantu Korban Bencana

Demi para korban bencana di Indonesia, PMI pilih untuk terjun langsung untuk membantu

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah bencana yang terjadi di Indonesia seperti bencana kekeringan di pulau Jawa, kabut asap akibat kebakaran di Sumatera Selatan dan Riau, serta erupsi Gunung Sinabung dan Gunung Slamet mendorong Palang Merah Indonesia (PMI) untuk terjun langsung membantu para korban yang terkena dampak bencana.

Demi kelancaran membantu para korban, PMI menyiagakan dan memobilisasi para relawan yang tersebar di masing-masing wilayah. Tugas dari relawan itu mendistribusikan masker serta melakukan distribusi air bersih untuk membantu masyarakat yang dilanda kekeringan akibat musim kemarau dan hujan yang tak kunjung turun.

Untuk bencana kekeringan yang melanda Pulau Jawa, PMI telah memobilisasi 35 truk yang bertugas mendistribusikan air bersih sebanyak 5 juta liter, dengan total penerima sebanyak 52.953 kepala keluarga yang tersebar di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur.

Seperti dikutip dari Keterangan Pers yang diterima Health-Liputan6.com, Rabu (15/10/2014), Pengurus Pusat PMI sekaligus Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, H. Sumarsono menegaskan bahwa PMI turut menyalurkan 90.000 masker untuk masyarakat yang menjadi korban kabut asap dan erupsi gunung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini