Sukses

Tanda-tanda Anda Mudah Terserang Virus

Inilah tanda-tanda sistem kekebalan tubuh Anda mulai menurun:

Liputan6.com, Jakarta Seberapa kuat sistem kekebalan tubuh Anda? Ada orang yang terlihat sehat tapi ternyata ia memiliki risiko penyakit dan mudah terserang virus. Namun ada juga orang sehat yang benar-benar bugar. Bagaimana membedakannya?

Dikutip dari Prevention, Kamis (16/10/2014) inilah tanda-tanda sistem kekebalan tubuh Anda mulai menurun:

1. Terlalu banyak konsumsi makanan atau minuman manis

Penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menuliskan, makan 100 gram gula secara teratur dapat menghambat kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri hingga 5 jam sesudahnya.

2. Kurang minum

Ada alasan seorang ibu atau dokter untuk meminta anak atau pasiennya minum air putih sebanyak 8 liter sehari. Selain untuk daya tahan tubuh, air juga bisa membuang racun. Mengonsumsi teh dan kopi dibolehkan secukupnya tanpa gula.

Yang terpenting, perhatikan warna urine Anda. Bila warnanya kekuningan pekat, itu tandanya Anda kurang minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Naik berat badan



3. Naik berat badan

Sudah tahu bukan, kelebihan berat badan bisa menyebabkan gangguan jantung, otak, dan organ lainnya. Selain itu kegemukan juga bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dan peradangan yang mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Hidung kering

Pilek sebenarnya bisa menjadi pertahanan yang baik terhadap virus flu. Kedengarannya menjijikkan, tapi lendir bisa menjadi jebakan bagi virus dan segera setelah itu dibuang. Jika hidung Anda terlalu kering. Oleh sebab itu, membersihkan hidung dalam setelah beberapa jam disarankan.

3 dari 3 halaman

Stres



5. Stres

Menurut sebuah laporan oleh American Psychological Association, stres jangka panjang dapat melemahkan respons sistem kekebalan tubuh Anda. "Jika Anda stres saat terkena flu, maka gejala dapat menjadi lebih buruk," kata Direktur mikrobiologi klinis dan imunologi, Philip Tierno, PhD, d.

6. Sering merasa kedinginan dan lama bila terserang flu

Rata-rata orang dewasa mengalami flu berlangsung 3 atau 4 hari. Jika lebih dari itu, Anda belum membaik mungkin ketahanan tubuh rendah. Disamping itu, orang yang kerapkali demam, menggigil atau kedinginan juga memiliki kekebalan tubuh rendah.

Istirahat, olahraga teratur, dan mengonsumsi lebih banyak makanan sehat seperti sayuran dan buah bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah dari serangan virus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.