Sukses

Olahraga 1 Jam Tidak akan Menghasilkan Apa-apa

Justru hasil akan tampak bila kita mengerjakan olahraga jenis apa pun dalam waktu dua puluh menit saja.

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga tidak akan menghasilkan sesuatu bila dikerjakan terlalu lama. Justru hasil akan tampak bila kita mengerjakan olahraga jenis apa pun dalam waktu dua puluh menit saja.

"Maksudnya begini, terkadang saat berada di gym, tidak sedikit di antara mereka yang berolahraga itu memilih untuk berlari di treadmil dalam keadaan santai dan bermalas-malasan. Setelah lari dengan ritme yang terlalu pelan, barulah mereka latihan beban dengan total latihan selama satu jam. Itu tidak menghasilkan apa-apa," kata Personal Trainers, Etty Budhi di Jakarta, ditulis Health-Liputan6.com, Kamis (16/10/2014)

Menurut Etty, andai mereka hanya berlari di treadmill tapi dikerjakan intens dan berkelanjutan, maka dalam waktu dua puluh menit saja hasil maksimal akan segera didapat.

"Kalau yang dikerjakan seperti itu, justru yang dibakar adalah lemak, bukan gula. Tapi bila terlalu lama, justru yang dibakar adalah gulanya juga, sehingga membuat mereka yang berolahraga dilanda pusing dan lemas," kata Etty menambahkan.

Wanita yang dinobatkan sebagai instruktur aerobik terbaik di Indonesia melanjutkan, sejatinya olahraga yang baik itu tidak perlu dilakukan terlalu lama. Dua puluh menit untuk pembakaran, ditambah 10 menit untuk pembentukan sudah dirasa cukup, dan yang mengerjakannya akan merasakan efeknya.

"20 menit pembakaran, 10 menit untuk angkat beban, sit-up, atau push-up. Hasilnya, 20 menit pembakaran berhasil membakar 200 sampai 300 kalori, dan 10 menitnya dapat membakar 150 kalori. Jadi hasilnya benefit," kata Etty.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini