Sukses

Tiap Sejam, Seorang Wanita Meninggal Akibat Virus Ini

Setiap satu jam ada satu wanita Indonesia yang meninggal karena penyakit dengan penyebab utama human papilloma virus (HPV)

Liputan6.com, Jakarta Kejadian dan tingkat kematian kanker serviks di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan setiap satu jam ada satu wanita Indonesia yang meninggal karena penyakit dengan penyebab utama human papilloma virus (HPV) menurut data dari WHO International Research Agency for Cancer GLOBOCAN 2012.

Bahaya kanker serviks sudah diketahui masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar menurut riset AC Nielsen 2013.

"Kanker serviks adalah kanker yang sudah diketahui penyebabnya dan dapat dicegah lewat pemberian vaksin HPV," terang dokter Andi Darma Putera, SpOG (K) Onk pada acara Waspadai HPV di Jakarta pada Selasa (14/7/2014).

Menurut dokter yang mengajar di Obstetri dan Ginekologi FKUI- RSCM ini pemberian vaksin dapat dilakukan sejak dini. "Menurut penelitian, vaksinisasi sejak usia 9-13 tahun bisa mencegah terjadinya kanker serviks hingga 98 persen," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini