Sukses

Hindari Sakit Jantung, Latih Kebugaran Jasmani Anda

Melatih kebugaran jasmani secara intensif dapat menghindari Anda dari sakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Mereka yang jarang berolahraga berisiko terkena sakit jantung lebih besar dibanding yang sering berolahraga. Sebagaimana otot lainnya, jantung menjadi lebih kuat jika Anda sering melakukan latihan kebugaran jasmani. Dengan otot jantung yang kuat, maka usaha jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh menjadi lebih mudah.

Latihan kebugaran jasmani memiliki sejumlah efek yang menguntungkan jantung dan sirkulasi darah. Sebagaimana yang dilansir dari The New York Times pada Selasa (14/10/2014), manfaat latihan kebugaran jasmani diantaranya adalah memperbaiki kolesterol dan level kegemukan, mengurangi peradangan pada arteri, mengurangi berat badan dan menjaga agar pembuluh darah tetap fleksibel. Manfaat ini telah dikonfirmasi sendiri diantaranya oleh The American Heart Association, Centers for Disease Control and Prevention dan the American College of Sports Medicine.

Dalam penelitian tersebut, ditunjukkan bahwa orang yang aktif bergerak memiliki risiko 45% lebih rendah daripada yang jarang bergerak.

Para ahli jantung mengatakan bahwa jalan atau jogging 12 mil per minggu merupakan latihan minimal untuk tetap menjaga jantung tetap sehat. Tetapi, latihan lebih banyak dibutuhkan bagi mereka yang ingin mengubah kadar kolesterol, yaitu jogging sejauh 20 mil per minggu.

Sebelum melakukan latihan kebugaran jasmani, Anda harus mempersiapkan beberapa hal. Diantaranya, dua jam sebelum latihan harus makan dulu, gunakan pakaian olahraga yang sesuai, dan jangan lupa tidur yang cukup. Dengan melakukan latihan ini, Anda memiliki risiko lebih sedikit terkena sakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini