Sukses

Cara Merawat Rambut Hitam Alami

Cara merawat rambut hitam alami tidak sulit, bahan-bahannya dapat ditemukan di sekeliling Anda.

Liputan6.com, Jakarta Rambut indah merupakan dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun begitu, perempuan cenderung lebih memperhatikan tampilan rambutnya. Agar tetap indah terjaga, berbagai cara dilakukan. Berikut cara merawat rambut hitam secara alami seperti dilansir dari Olips Beauty, Senin (10/13).

Merang Padi

Merang padi atau batang pohon padi memiliki khasiat yang baik untuk merawat rambut hitam Anda. Khasiat merang padi sendiri telah diketahui sejak dahulu.

Cara menggunakannya, ambil 1 ikat merang padi, lalu dibakar hingga hangus menjadi abu. Setelah itu, campurkan abu merang padi dengan air dan jeruk nipis. Simpan larutan ini di udara terbuka selama 1 malam. Setelah selesai, pisahkan air dengan abunya kemudian gunakan air tersebut untuk keramas. Anda dapat melakukannya 3 kali seminggu.

Biji Pepaya

Pepaya memang kaya manfaat. Selain buahnya yang enak dimakan hingga daunnnya yang bisa digunakan untuk obat luar, ternyata biji pepaya juga berguna untuk merawat rambut. Di dalam biji pepaya terdapat zat Glucoside Cacirindan Karpain yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal menggoreng biji pepaya tanpa minyak, lalu tumbuk sampai halus dan campurkan dengan minyak kelapa. Setelah itu, Anda tinggal mengoleskan minyak pada kulit kepala dan rambut dengan sedikit pijatan. Lakukan setidaknya 1 minggu sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemiri

Kemiri

Kemiri memiliki zat saponin, flavonoida, dan polifenol yang sangat bermanfaat bagi rambut. Zat ini dapat menghitamkan dan menyuburkan rambut, memperkuat akar rambut hingga menghilangkan ketombe.

Cara menggunakannya, goreng kemiri tanpa minyak hingga kemiri mengeluarkan minyak. Oleskan minyak tersebut ke rambut, tunggu 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya tidak diragukan lagi memiliki banyak khasiat. Lidah buaya dapat Anda gunakan untuk merawat rambut dengan cara mengambil gel yang ada di dalam lidah buaya. Pijat kepala menggunakan gel tersebut selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Madu

Madu juga memiliki khasiat yang tidak kalah dengan bahan-bahan alami lainnya. Anda tinggal mengoleskan madu pada kulit kepala dan rambut kemudian memijitnya secara perlahan selama 10 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo dan beri conditioner. Setelah itu, rambut Anda akan lebih berkilau dari sebelumnya.

Itu lah 5 cara merawat rambut hitam dengan bahan-bahan alami. Anda bisa mencobanya di rumah setelah bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.