Sukses

Diabetes, Penyakit Gula yang Tak Semanis Gula

Liputan6.com, Jakarta Manis di mulut, pahit dalam tubuh. Mengonsumsi gula berlebih dapat membuat seseorang menderita diabetes. Tidak berhenti sampai disitu, penyakit gula ini juga dapat menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Berikut penjelasan tentang penyakit diabetes seperti dilansir dari emedicine dan Mayo Clinic, seperti ditulis Minggu (12/10/2014):

1 dari 5 halaman

Deskripsi

Deskripsi

Diabetes mellitus adalah penyakit yang memengaruhi bagaimana tubuh menggunakan gula darah (glukosa). Glukosa berperan sangant penting untuk kesehatan. Karena, glukosa merupakan sumber energi yang penting bagi bahan bakar tubuh, serta sel-sel yang membentuk otot dan jaringan.

Jika Anda memiliki diabetes, itu artinya Anda memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah. Terlalu banyak glukosa dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius (komplikasi).

2 dari 5 halaman

Gejala

Gejala

Gejala diabetes bervariasi tergantung pada seberapa banyak peningkatan gula darah. Berikut beberapa gejala penderita diabetes:

• Penglihatan kabur

• Mudah lelah

• Mudah ​​marah

• Seringkali merasa haus

• Sering buang air kecil

• Kelaparan ekstrem

• Berat badan turun tanpa sebab

• Jika terluka, lukanya sulit sembuh

• Sering mengalami infeksi, seperti gusi dan infeksi kulit

3 dari 5 halaman

Penyebab

Penyebab

Seseorang menderita diabetes dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melawan bakteri atau virus, malah menyerang dan menghancurkan sel yang memproduksi insulin di pankreas. Hal ini membuat Insulin berkurang atau bahkan habis dan membuat gula menumpuk dalam aliran darah.

Tidak hanya kesalahan dari sistem kekebalan tubuh. Penyebab seseorang menderita diabetes juga bisa dikarenakan sel-sel menjadi resisten terhadap tindakan insulin, dan pankreas juga tidak dapat membuat insulin yang cukup untuk mengatasi resistensi ini. Hal ini juga membuat gula yang seharusnya menjadi energi menumpuk dalam aliran darah.

Faktor genetik, faktor lingkungan dan faktor gaya hidup juga dapat memengaruhi seseorang untuk menderita penyakit gula ini. Namun, sampai saat ini penyebab pasti dari penyakit diabetes belum juga diketahui.

 

4 dari 5 halaman

Pengobatan

Pengobatan

Bagian terpenting dari mengelola diabetes serta kesehatan Anda adalah dengan menjaga berat badan yang sehat melalui diet dan olahraga rencana yang sehat.

Beberapa penderita diabetes disarankan untuk suntik insulin atau menggunakan pompa insulin, memeriksa gula darah secara teratur, dan menghitung karbohidrat yang dikonsumsi.oleh karena itu, berikut ini beberapa profesional kesehatan yang mungkin Anda butuhkan:

-  Dokter penyakit dalam

-  Dokter spesialis diabetes

-  Ahli gizi/diet

 (Nadina Sabilla/igw)