Sukses

Menikah Tanpa Bercinta, Sehatkah?

Menikah Tanpa Bercinta, Sehatkah?

Liputan6.com, Jakarta Tentu saja, ada alasan nyata dan penting mengapa pasangan berhenti melakukan hubungan seks. Mungkin karena sang istri melahirkan, orang tua sakit, stres kerja akut, menderita penyakit atau menopause.

Walaupun hal tersebut tidak diharapkan namun kenyataannya masalah ini kerap terjadi pada pasangan. Lantas, apakah kondisi ini menyehatkan? Mengingat bercinta bisa mengatasi masalah kesehatan seperti sakit kepala dan gangguan hormon.

Dokter Kandungan atau Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi (Obgyn), dr Jennifer Landa menerangkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa tidak adanya sentuhan dan gairah dapat menciptakan jarak baik fisik maupun emosional antara Anda dan pasangan Anda. Yang dikhawatirkan, ketika respons terhadap pasangan berkurang, biasanya salah satu pasangan akan mencari kesibukan yang berdampak buruk bagi pernikahan.

Sebuah komitmen untuk hidup bersama dan menjaga pernikahan bukanlah hal yang mudah, tapi bagi Landa hal ini bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ia pun menyebutkan tips bagi pasangan yang sementara atau seterusnya tidak dapat bercinta, seperti dikutip Prevention, Kamis (9/10/2014) berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips penting



1. Saling mengamati kebiasaan pasangan

Mengamati kebiasaan pasangan mungkin dapat menghindari cek-cok dalam kehidupan pernikahan.

2. Saling menyentuh

Tidak bisa berhubungan seksual, bukan berarti tidak saling menyentuh satu sama lain. Cukup memegang tangannya saja hingga pasangan tersenyum dapat membuat pasangan lebih tenang.

3. Merayu

Merayu pasangan melalui pesan singkat juga bisa membuat pasangan terkesan.

4. Bicara dengan dokter

Ketika dan jika Anda sudah mencoba segalanya, mungkin saatnya untuk berkonsultasi dengan pihak ketiga yakni dokter yang bisa mengatasi masalah Anda. Selain membantu masalah Anda, kemungkinan hal ini akan menyelamatkan pernikahan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini