Sukses

Mencari Obat Keputihan? Coba 5 Obat Herbal Ini

Daun jambu adalah salah satu obat herbal untuk mengobati keputihan. Apa saja lainnya?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu gejala kesehatan yang sering muncul pada kaum hawa adalah keputihan. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan kekuningan dari vagina. Meskipun ada keputihan yang wajar seperti keputihan fisiologis, tetapi ada juga keputihan yang berbahaya, yaitu keputihan patologis. Bagaimana cara mengobati keputihan ini? Berikut beberapa obat herbal yang dapat mengobati keputihan seperti yang dilansir dari Organic Facts, Kamis (9/10/2014):

1. Daun Jambu

Rebus daun jambu biji dalam air sekitar 1 liter selama setengah jam. Setelah itu, biarkan hingga dingin dan oleskan pada vagina. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati iritasi pada vagina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biji ketumbar

2. Biji Ketumbar

Rendam 10 gram biji ketumbar dalam 100 ml air selama satu malam. Setelah satu malam, air tersebut harus langsung diminum. Untuk meminumnya, perut Anda harus benar-benar kosong.

3. Aloe Vera

Aole vera atau lidah buaya dipotong pada bagian ujung lalu ambil daging lidah buayanya. Daging lidah buaya kemudian direbus. Anda harus meminumnya selagi hangat sebanyak dua kali sehari.

3 dari 3 halaman

Air rebusan beras

4. Air Rebusan Beras

Sisihkan air rebusan beras sekitar setengah gelas. Kemudian, campurkan air beras tersebut dengan sedikit garam. Jika sudah hangat, Anda dapat meminumnya. 

5. Biji Mangga

Tumbuk biji mangga hingga menjadi bubuk. Setelah itu, campurkan dengan beberapa sendok makan air. Jika sudah, maka Anda tinggal mengoleskannya di dalam dan di luar saluran vagina.

Itu adalah beberapa obat herbal yang dapat Anda gunakan sebagai obat keputihan. Selain itu, salah satu cara untuk mencegah keputihan adalah makan pisang tiap pagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini