Sukses

Meski Dianggap Bikin Gemuk, Keju Miliki 5 Manfaat Kesehatan

Keju yang dianggap menakutkan karena dapat menggemukan, ternyata menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Keju menjadi salah satu jenis makanan yang paling banyak dihindari karena dipercaya dapat membuat gemuk. Meski tinggi kalori dan lemak, keju dapat dimasukan ke dalam menu diet asalkan kita mampu mengontrol jumlahnya.

Keju merupakan olahan susu yang kaya nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin, zat besi, dan fosfor yang menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan kita.

Di bawah ini terdapat sejumlah manfaat keju bagi kesehatan seperti dikutip Health Me Up, Rabu (8/10/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1



1. Tulang kuat

Keju kaya akan kalsium yang baik bagi tulang. Keju menyimpan banyak vitamin B yang dapat membantu tubuh menyerap dan memanfaatkan kalsium.

Anak kecil, ibu hamil dan menyusui, serta orang tua harus mengonsumsi keju rendah lemak serutin mungkin untuk menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

3 dari 6 halaman

2



2. Gigi sehat

Kalsium yang terkandung di dalam keju membantu melindungi gigi kita, dan mencegah gigi dari kebusukan. Makanlah sepotong keju secara rutin, untuk mencegah gigi berlubang, dan mengurangi kerusakan gigi yang disebabkan plak dan asam yang diproduksi di mulut.

4 dari 6 halaman

3



3. Cegah kanker

Olahan susu ini mengandung asam linoleat dan sphingolipids yang membantu mencegah kanker, dan menjadikannya sebagai makanan anti-karsiogenik.

Vitamin B dalam keju membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan melindungi kita dari beragam penyakit. Meski begitu, tetap harus hati-hati ketika mengonsumsi keju dalam jumlah yang banyak, karena dikaitkan juga dengan risiko kanker.

5 dari 6 halaman

4



4. Kesehatan jantung

Konsumsi keju secara rutin bermanfaat mencegah terjadinya penyakit jantung dan tekanan darah. Keju yang rendah sodium telah ditemukan bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena mengurangi elemen yang menyebabkan penyakit jantung.

6 dari 6 halaman

5



5. Menaikan berat

Untuk poin yang satu ini bermanfaat untuk mereka yang sulit menaikan berat badannya. Keju memiliki sejumlah lemak alami, kalsium, protein, vitamin, dan mineral yang membantu menyeimbangkan metabolisme dan memperkuat otot secara menyeluruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.