Sukses

Begini Proses Pembuatan Tahu yang Sehat

Kandungan gizi yang tinggi pada tahu dan tempe biasanya tergantung dari proses penyucian kedelai yang bersih

Liputan6.com, Jakarta Pembuatan tahu pada dasarnya sama, namun kandungan gizi yang tinggi pada tahu dan tempe biasanya tergantung dari proses penyucian kedelai yang bersih.

Begitu disampaikan Pembantu Umum Pemukiman Industri Kecil Koperasi Tahu Tempe di Semanan, Handoko. Menurutnya, pembuatan tahu dan tempe yang higenis dan berbahan alami bisa meningkatkan kualitasnya.

"Tergantung kebersihan saat penyucian kedelai dan pemrosesan. Kalau diolah dengan bersih dan tanpa pengawet, tahu dan tempe bisa jadi makanan yang sehat," kat Handoko saat berbincang dengan Liputan6.com di bilangan Jakarta barat, Selasa Sore.

Handoko menuturkan, sebagai sumber protein nabati, tahu dan tempe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak jarang, banyak industri rumahan juga menerima pesanan khusus instansi untuk mengolah tahu dan tempe sebagai makanan utama bagi mereka yang vegetarian.

"Kandungan gizi dalam tahu, memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan. Namun, dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan bergizi," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini