Sukses

1 dari 10 Orang Penduduk Dunia Berisiko Diabetes

Sebuah prediksi mengerikan dari Federasi Diabetes Internasional menyatakan bahwa setidaknya satu dari 10 orang dewasa menderita diabetes

Liputan6.com, Jakarta Sebuah prediksi mengerikan dari Federasi Diabetes Internasional menyatakan bahwa setidaknya satu dari 10 orang dewasa bisa menderita diabetes pada tahun 2030.

Dalam laporan ini, kelompok advokasi memperkirakan bahwa 552 juta orang bisa menderita diabetes dalam dua dekade berdasarkan faktor-faktor seperti penuaan dan perubahan demografis. Saat ini, kelompok tersebut mengatakan bahwa risiko diabetes dialami oleh sekitar satu dari 13 orang dewasa.

Seperti dilaporkan Huffingtonpost, Senin (6/10/2014), Organisasi Kesehatan Dunia mencatat ada sekitar 346 juta orang di seluruh dunia akan mengidap diabetes, dengan lebih dari 80 persen kematian terjadi di negara-negara berkembang. Jumlah penderita dan kematian diabetes juga akan berlipat ganda pada 2030.

"Ini adalah angka yang kredibel. Tapi apakah itu benar atau tidak, kita tidak bisa mengetahuinya," kata Kepala unit diabetes WHO, Gojka Roglic.

Roglic mengatakan, sebagian besar kasus diabetes merupakan tipe 2 atau penyakit yang disebabkan oleh pola gaya hidup tidak sehat yang cenderung menyerang orang yang mengalami obesitas.

"Sebenarnya, sejumlah besar kasus diabetes di masa depan dapat dicegah. Ini mengkhawatirkan mengingat diabetes merupakan penyakit serius yang melemahkan dan memperpendek hidup mereka," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini