Sukses

Usia Terbaik untuk Menikah & Punya Anak

Survei Nasional Pertumbuhan Keluarga (NSFG) 2006-2010 melaporkan, wanita berusia 25 sampai 29 memasuki usia yang pas untuk menikah.

Liputan6.com, Jakarta Selama bertahun-tahun, para peneliti telah mengatakan bahwa wanita perlu tahu usia matang untuk menikah dan memiliki anak. Survei Nasional Pertumbuhan Keluarga (NSFG) 2006-2010 melaporkan, wanita berusia 25 sampai 29 memasuki usia yang pas untuk menikah.

Mengutip laman Womensheathmag, Senin (6/10/2014), banyak wanita merasa tertekan karena belum menikah di usia tertentu. Padahal di Amerika, standar usia rata-rata pernikahan untuk wanita adalah 27 tahun sedangkan pria 29 tahun. Usia ini dinilai cukup matang untuk berpikir bersama.

Data dari Pew Research Center menunjukkan bahwa orang yang menikah sebelum usia 23 tahun kemungkinkan bercerai lebih tinggi. Sementara itu, sebuah studi Journal of Political Economy 2008 menemukan bahwa pada usia dibawah 23 tahun, tidak ada keraguan dan kematangan yang membuat pasangan ingin bercerai.

Selain itu, yang menarik adalah penelitian terkait buah hati setelah melahirkan. Peneliti menunjukkan, memiliki bayi dapat membuat pasangan awet dan tetap bersama. Menurut Pusat Analisis dan laporan kehamilan remaja Advokasi di Amerika, usia terbaik untuk memiliki anak adalah sebelum usia 35 tahun. Selain perubahan siklus wanita, usia ini dianggap paling aman bagi kesehatan reproduksi.

Meski begitu, sebuah studi mengenai Reproduksi Manusia terbaru menemukan bahwa 65 persen wanita yang ingin hamil pada usia 40 tahun ternyata bisa berhasil. Tapi peneliti mengingatkan, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menikah dan memiliki anak di usia 40 tahun. "Walaupun ada kemajuan medis sehingga memungkinkan bagi beberapa wanita untuk menunda kehamilan lebih lama, tapi kehamilan secara alami disarankan," tulis peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini