Sukses

Selain PMS, Ada 7 Alasan Kenapa Payudara Bisa Sakit

Cek apa saja yang bisa menyebabkan payudara nyeri selain pra menstruasi,

Liputan6.com, Jakarta Menjelang menstruasi biasanya payudara terasa nyeri karena ada perubahan hormonal. Beberapa wanita lain menghadapi nyeri payudara ketika mereka memasuki masa menopause. Cek apa saja yang bisa menyebabkan payudara nyeri selain pra menstruasi, seperti dikutip Boldsky, Senin (6/10/2014) berikut ini:

1. Ketidakseimbangan hormon

Nyeri pada payudara perlu diamati serius. Sebab siklus menstruasi, kehamilan dan menopause adalah periode ketika perubahan hormonal maksimum terjadi. Pada saat itu, wanita cenderung mengalami kurangnya estrogen, hormon penting pada wanita, sehingga dapat menyebabkan nyeri payudara.

2. Pengguaan bra yang ketat

Penggunaan bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan nyeri pada payudara karena tidak ada ruang bagi payudara untuk bernapas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebanyakan konsumsi kafein

3. Kebanyakan konsumsi kafein

Mengonsumsi kafein mungkin baik untuk kesehatan Anda, tetapi ada batasnya. Jika dikonsumsi berlebihan, kafein juga dapat membuat payudara Anda terasa nyeri. Jika biasanya minum kopi 5 cangkir sehari, cobalah kurangi dengan 2 atau 3 cangkir sehari.

4. Efek Samping Obat

Nyeri pada payudara bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan. Beberapa obat memiliki efek samping dampak produksi estrogen dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi obat, ada baiknya mencari tahu efek sampingnya.

5. Kista

Nyeri yang disertai benjolan di payudara bisa jadi adalah kista. Jika pola hidup tidak diperbaiki, kista tersebut bisa berubah menjadi kanker. Agar terhindar kanker, lakukan rutin pemeriksaan payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.