Sukses

Tak Hanya Atasi Batuk, Ini 4 Manfaat Manis Madu

Jangan sia-siakan manfaat manis madu, mulai dari atasi batuk hingga ketombe bisa dilakukan oleh cairan yang dihasilkan lebah ini.

Liputan6.com, Jakarta Kebaikan manisnya madu untuk kesehatan tak perlu diragukan. Berbagai penelitian pun telah menemukan bahwa cairan yang dihasilkan lebah ini punya khasiat untuk tubuh.

Yakin sudah tahu semua manfaat madu untuk tubuh? Maksimalkan manfaat manis untuk kesehatan tubuh, empat diantaranya sebagai berikut seperti dilansir dari Time, Minggu (5/10/2014).

1. Atasi batuk
Saat tanda-tanda batuk mendera, coba atasi terlebih dahulu dengan madu. Studi yang dilakukan oleh Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine yang pernah menguji mengatasi batuk pada 100 anak-anak mengkonfirmasi hal tersebut. Orang tua mendapati pengobatan madu lebih baik dibandingkan dua pendekatan pengobatan lain. Dengan madu, gejala batuk anak hilang dan tidur mereka lebih pulas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obati luka

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah merekomendasikan madu untuk mengatasi sakit tenggorokan dan iritasi.

2. Obati luka
Sudah pernah dengar manfaat madu yang satu ini? Ternyata, madu sudah dikenal dari zaman dahulu kala sebagai penyembuh. Pada 2100 SM di Sumeria menyebutkan bahwa madu dapat digunakan sebagai salep dan obat.

Bahkan ada juga istilah Medihoney, penggunaan madu manuka sebagai obat yang bekerja luar biasa atasi luka. "Madu bisa berfungsi sebagai antibakteri dan menenangkan pada bagian yang terluka," terang internis asal Robin Miller, MD.

Lalu, madu jenis umum lainnya pun punya manfaat besar juga atasi luka. Dalam studi di British Journal Surgery dikemukakan bahwa seorang peneliti di Nigeria menggunakan madu kepada 59 pasien dengan luka ulkus (bagian pada lambung) sulit sembuh. Selama satu minggu mengonsumsi madu, luka tersebut bisa terobati.

3 dari 3 halaman

Atasi Ketombe

3. Kepala berketombe
Punya masalah dengan kulit kepala berketombe parah dan sering gatal? Coba larutakan paduan 90 persen madu mentah dengan air hangat. Berdasarkan penelitian yang ada dalam di European Journal of Medical Research, para pasien dengan masalah ketombe gatal kemudian dioleskan larutan tersebut setiap hari selama empat minggu dan baru satu minggu mulai memperlihatkan manfaat dimana rasa gatal mulai menghilang.

4. Tingkatkan energi
"Selain menjadi sumber kaya antioksidan, mengonsumsi satu sendok makan madu membuat gula darah dan insulin stabil," terang ahli nutrisi Cynthia Sass, MPH, RD. Dampaknya, tubuh lebih berenergi jalani aktivitas, termasuk olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini