Sukses

5 Pelayanan Kesehatan Primer dapat Penghargaan dari BPJS

5 FTKP mendapatkan penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak lima Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) terbaik untuk setiap jenis kategori yakni Puskesmas, Klinik Pratama, Dokter Praktek Perorangan, Klinik TNI dan Klinik Polri mendapatkan penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menurut Direktur Utama Fahmi Idris, penghargaan ini diberikan untuk mendukung pelayanan kesehatan di FTKP agar masyarakat tidak berobat langsung ke Rumah Sakit.

"FTKP  atau Fasilitas Kesehatan Primer memiliki fungsi sebagai kontakpertama dari BPJS Kesehatan, dan peserta akan secara kontinu mengakses layanan kesehatan. Salah satu upaya terhadap penguatan fasilitas kesehatan primer ini, diharapkan tenaga medis memiliki kemampuan dan menguasai hal baru seperti prediksi, tanda, gejala, penegakan diagnosis dan penatalaksaan komperhensif berbagai penyakit," kata Fahmi saat ditemui wartawan di Ancol, Jakarta, Kamis malam (2/10).

Fahmi menuturkan ada 155 penyakit yang saat ini harus terlayani di fasilitas kesehatan primer. Sehingga jika tidak sejalan, maka berarti harus ada yang dibenahi. Selain itu, penurunan prevalensi penyakit juga bisa dilihat. Pada prinsipnya, acara ini bertujuan untuk memperbaiki sistem layanan.

"Ada kriteria penilaian bukan hanya kami yang melakukan penjurian. Ada Tim Juri Nasional yang terdiri atas perwakilan BPJS Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Tim Kendali Mutu dan Biaya (TKMKB), Organisasi Profesi (Ikatan Dokter Indonesia), Akademisi (FK UI dan FKM UI) serta Kopri sebagai perwakilan dari peserta. Jadi bukan murni penilaian kami. Dari 16 ribu lebih FTKP yang kerjasama dipilih lima yang terbaik dari segi kinerja, paparan, maupun langkah inovasi," kata Fahmi.

Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan, Fadjri Adinur menambahkan, penghargaan ini diberikan pada akhirnya agar akhirnya masyarakat percaya bahwa FTKP itu melayani dengan baik dan tidak semua penyakit dirujuk ke Rumah Sakit. "IDI kan punya panduan praktek klinis. Kemenkes juga, lantas bagaimana acuan ini dijalankan, konsep regulasi, ini yang kami awasi jalan atau nggak."

Berikut ini, para pemenang FTKP terbaik dan mendapatkan penghargaan langsung dari Wakil Presiden Boediono, yaitu:

1. Kategori Puskesmas

Puskesmas Kotabumi II (Lampung Utara)

2. Kategori Dokter perorangan

dr. Jijin B. Irodati (Lamongan)

3. Kategori Klinik Pertama

Klinik Griya Husada (Karang Anyar)

4. Kategori klinik TNI

BP Diskes Lantama II Padang

5. Kategori Klinik Polri

Klinik Polres Kabupaten Bekasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.