Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Sulit Orgasme, Kenapa Ya?

Wanita ini sudah setahun menikah tapi tak pernah orgasme meski sudah melakukan aktivitas seks berkali-kali.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita usia 28 tahun dan sudah menikah 1 tahun bingung sekali dan malu dengan suami meski sang suami amat pengertian dan memahaminya dalam berhubungan seks, sebab sang istri tidak pernah mengalami orgasme.

Setiap mau melakukannya, suami selalu ingin mendahulukannya agar si istri terangsang sebelum melakukan penetrasi. Dia juga sangat kuat dan sabar mendahulukan si istri agar merasakan orgasme lebih dulu.

"Dia berupaya merangsang saya dengan banyak cara, hingga saya terangsang sekali, dan basah pada vagina saya. Namun, ketika hubungan seksual dilakukan, saya hanya merasakan gesekan penis saja, tidak mengalami apa yang disebut puncak kenikmatan atau orgasme," kata si perempuan yang tak mau disebut namanya.

Suami dan wanita ini sudah berusaha dengan segala cara, misalnya posisi perempuan di atas agar lebih bebas. Kadang suami kesal karena istrinya 'tidak ada ujungnya'.

Yang dibingungkan si perempuan adalah apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya? Dia sendiri berusaha konsentrasi dan mencoba menikmati. Apakah ini disebut frigid dan dapat diobati?

Ketika penis dikeluarkan dari vagina, ada cairan putih menggumpal seperti sperma yang menempel di penis. Padahal, suami belum mengeluarkan sperma. Cairan apa itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hambatan orgasme

Melihat situasi seperti yang diceritakan ini, Ahli seksologi dan dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Prof. Wimpie Pangkahila Sp.And mencoba menyimpulkan bahwa yang dialami si perempuan ini adalah bentuk hambatan orgasme.

Hambatan orgasme adalah suatu gangguan fungsi seksual yang terjadi pada banyak wanita, katanya. Karena itu, cukup sering orang menyampaikan masalah serupa.

Hambatan orgasme, menurut Wimpie dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Pertama, komunikasi yang tidak baik dengan pasangan. Kedua, hambatan psikis. Ketiga, rangsangan seksual tidak cukup diterima. Keempat, posisi yang tidak efektif bagi wanita. Kelima, gangguan fungsi seksual di pihak pria, misalnya ejakulasi dini.

Dari cerita si perempuan, tampaknya penyebab pertama, ketiga, dan keempat tidak ada. Artinya, bukan ketiga hal itu yang menghambat si wanita mencapai orgasme.

3 dari 3 halaman

Terapi seks

Terapi Seks

Hambatan orgasme tidak hanya menimbulkan kekecewaan pada yang bersangkutan, tetapi juga pada pasangannya. Pihak suami juga merasa kecewa karena tidak dapat memberikan kepuasan kepada istrinya. Jadi, wajar bila suami sampai merasa kesal.

Perlu diketahui lebih lanjut apa hambatan psikis yang dialami si wanita. Misalnya latar belakang keluarga dan budaya yang membentuk persepsi tentang seks, perasaan takut, kecemasan, dan semacamnya.

Perlu dilihat lagi pula, kata Wimpie, bagaimana fungsi seksual suami. Misalnya, bagaimana keadaan ereksinya dan apakah dia cepat mengalami ejakulasi. Kalau suami mengalami salah satu dari gangguan fungsi seksual ini, si wanita pasti tidak cukup menerima rangsangan seksual. Akibatnya, si wanita akan mengalami hambatan orgasme.

Masalah ini dapat diatasi dengan langkah berikut. Pertama, ketahui apa penyebabnya. Kedua, penyebab yang ada diatasi. Ketiga, melakukan terapi seks dengan bantuan suami.

Dengan melakukan terapi seks, si wanita dilatih menerima rangsangan seksual agar dapat mencapai orgasme. Bila diperlukan dapat menggunakan alat bantu yang tersedia.

Mengenai cairan yang menggumpal pada penis, mungkin itu lendir vagina atau keputihan yang tidak normal. Pada keputihan yang tidak normal biasanya disertai gejala lain, misalnya gatal dan bau. Ini tidak berkaitan dengan dialami atau tidaknya orgasme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.